oleh

Pria Dharsana Ingatkan, “Jelang Ujian PPAT Pahami Regulasi dan Perundang-undangan”

Kabarnotariat.id, Jakarta – Menjelang ujian Profesi Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Pengurus Pusat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP – IPPAT) tengah melakukan kegiatan sarana pembelajaran dengan tema “Persiapan dan Pembekalan Dalam Rangka Menghadapi Ujian PPAT.”

Kegiatan tersebut, merupakan salah satu program dari kepengurusan organisasi IPPAT saat ini guna memberikan kontribusi dan menyiapkan kemampuan dasar bagi para peserta (Calon PPAT) yang akan mengikuti ujian. Sehingga, kelak mereka betul-betul mempunyai kemampuan yang cukup dalam mengikuti ujian.

Demikian disampaikan Dr. I Made Pria Dharsana, SH, M.Hum., Notaris – PPAT senior asal Bali saat diwawancarai Kabarnotariat.id, disela kegiatan Pembekalan ujian PPAT yang bertempat di Menara 165 Cilandak Timur, Kota Jakarta Selatan Rabu, (28/11).

Ditengah kegiatan Pembekalan Ujian PPAT

Menurutnya, antusias para peserta terlihat sangat begitu besar dan diyakini mereka mempunyai kemampuan juga keahlian yang cukup matang dalam menghadapi ujian nanti. “Saya optimis bahwa mereka bisa mengikuti ujian dan lulus menjadi PPAT,”ujar laki-laki yang akrab disapa Pria, dikalangan Kenotariatan dan Ke PPAT aN.

Selain itu Pria mengingatkan, kepada seluruh peserta yang akan mengikuti ujian bukan hanya sekedar pembelajaran hari ini saja yang harus dipelajari, namun ada juga pembelajaran lainnya seperti peraturan perundang-undangan berkaitan dengan pertanahan yang tetap perlu diupgrade.

Oleh karenanya, organisasi kepengurusan IPPAT akan terus menyelenggarakan kegiatan upgrading dengan peningkatan kemampuan kemahiran dalam mengikuti perkembangan peraturan pertanahan dan perundang-undangan yang berkaitan dengan PPAT.

Dengan demikian, sambung Pria Menerangkan, didalam praktek kita tidak ketinggalan termasuk bagaimana potensi meminimalisir munculnya permasalahan hukum dalam praktek dan berharap rekan-rekan PPAT bisa terhindar dari problem serta persoalan hukum yang dikhawatirkan akan timbul nantinya.

Baca:  Pererat Tali Silaturahmi 'Sahabat Otty' Gelar Bukber

“Perlu kita tekankan, sehingga bisa menjadi harapan besar bagi kita semua dalam menjaga sinergi antara organisasi kepengurusan terhadap Anggota dan kemitraan dengan ATR/BPN. Inilah energi positif yang kita harapkan, dan mudah-mudahan kedepan menjadikan upaya bersama dalam membangun dan menumbuhkan kepercayaan bagi masyarakat bahwa profesi PPAT dapat memberikan kontribusi yang positif juga cukup baik kepada pembangunan ekonomi dan pelayanan,”jelas Pria, kepada kabarnotariat.id.

Lebih jauh ditambahkan Made, pertama kalinya kepengurusan IPPAT yang saat ini mengadakan pembekalan ujian PPAT, dan inilah yang menjadi konsen seluruh pengurus termasuk Kementerian ATR/BPN.

“Mudah-mudahan persiapan tersebut bisa dilakukan secara simultan baik dari organisasi ketika memberikan pembekalan, sehingga para peserta secara runtut mempersiapkan dirinya untuk mengikuti ujian PPAT. Kami bersyukur antusias dari para peserta yang cukup begitu besar dan kami berharap, saat mengikuti ujian mereka semua lulus,”tutup Pria.

(IRWAN)

Komentar