oleh

I.N.I – IPPAT Jatim Berikan Bantuan Korban Bencana Palu, Sigi & Donggala

Kabarnotariat.id – Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (Pengwil I.N.I -IPPAT) Jawa Timur beserta rombongan tengah memberikan bantuan atas korban bencana di Palu, Sigi & Donggala yakni berupa kompor gas 1 (satu) mata beserta peralatannya.

Informasi yang dihimpun, untuk perjalanan pertama rombongan menuju ke Kabupaten Sigi dengan menempuh perjalanan sekitar 1 jam.

Penyerahan bantuan ke Kab.Sigi

“Kami diterima Sekkab Sigi, Muh. Basir Lainga, dan penyerahan dilakukan di hadapan para Kepala SKPD dan kepala dinas setempat yang kebetulan saat itu mereka sedang ada rapat, dan Bupati serta Wakil Bupati sedang berada di luar kota,” terang Sitaresmi Puspadewi Subianto, SH (salah satu rombongan yang juga ketua IPPAT Pengda Surabaya).

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Kantor Walikota Palu yang ditemui langsung oleh Walikota Palu, Hidayat dan disambut dengan hangat dan ramah.

Pertemuan kali ini didampingi pula oleh Ketua INI dan IPPAT Sulteng, Farid dan Yao Yuliana beserta beberapa pengurus lainnya.

Rasanya rombongan dari Jatim tidak afdol bila tidak bertemu dengan Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo (‘Pasha’ Ungu). Hingga akhirnya, rombongan pun bertemu dengan Sigit Purnomo dikediaman rumah dinas Walikota karena kantor Wakil Walikota rusak bangunannya.

Foto bersama Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo yang sering akrab disapa Pasha Ungu

Melihat waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Donggala, estimasi waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dari tempat kediaman Wakil Walikota Palu.

Di donggala, rombongan diterima dengan hangat & ramah di tempat kediaman Bupati Donggala, Drs Kasman Lassa, S.H yang kebetulan pada saat itu didampingi oleh Kapolres Donggala, Ferdinand Suwarji beserta wakilnya. Hadir pula dalam kesempatan itu, Kepala Dinas PUPR Kab. Donggala, Happy Sri Handayani Noor.

Diceritakan Bupati tentang peristiwa saat terjadinya gempa, likuifaksi dan tsunami, termasuk tindakan-tindakan dan kebijakan-kebijakan yang sudah diambil dan diputuskan oleh Pemkab Donggala.

Baca:  Peserta Maber INI Pengwil Jabar Lampaui Target

Setelah acara penyerahan bantuan, rombongan dijamu makan ‘sore’ oleh bupati.

“Pada prinsipnya, baik Kab. Sigi, Palu maupun Donggala, memberikan apresiasi atas upaya kita, INI dan IPPAT Pengwil Jatim atas kepeduliannya di dalam mengumpulkan dana yg diserahkan dalam bentuk “kompor dan kelengkapannya,” memang saat ini sangat dibutuhkan oleh para korban bencana”, ungkap sitaresmi.

Bahkan mereka masih mengharapkan bantuan lainnya, baik berupa fasilitas untuk Huntara (Hunian Sementara) maupun Huntap (Hunian Tetap).

Ditengah perjalanan hari itu, rombongan juga mampir ke Petobo-Sigi, tempat terjadinya likuifaksi yang memakan korban begitu banyak. Dimana saat itu tanah terbuka, kemudian menelan benda-benda yang ada diatasnya, lalu tertutup kembali.

Disamping itu, tanah tersebut bisa ‘berjalan’ sambil membawa barang-barang di atasnya sampai sejauh beberapa ratus meter (mungkin lebih).

Dahsyatnya bencana di Palu yang menurut BMKG hanya 7,4 SR, tapi dari sumber lain diperkirakan 8,2 SR dan telah meluluhlantakkan semua bangunan di bibir pantai teluk Palu.

Waktu yang hanya singkat itu tidak memungkinkan rombongan mengunjungi lokasi-lokasi bencana yang lain seperti Balaroa dan lain-lain, sehingga tidak dapat menggambarkan betapa dahsyatnya bencana ini secara utuh.

Namun, kepedulian & rasa belasungkawa telah menghantar kami untuk ikut berbagi meringankan penderitaan mereka, menurut Ketua INI dan IPPAT Jatim.

Semoga apa yang sudah dilakukan oleh Pengwil INI dan Pengwil IPPAT Jawa Timur, dapat memberikan manfaat bagi para korban bencana alam di Palu dan sekitarnya.

PALU BANGKIT
SIGI & DONGGALA KUAT
INI & IPPAT JATIM HEBAT !!!

Berikut Rombongan INI & IPPAT Pengwil Jatim yang berangkat ke Palu, Sigi & Donggala :

1. Ketua Pengwil INI : Bambang Heru Djuwito ;
2. Ketua Pengwil IPPAT : Gatot Triwaluyo
3. A. A. Andi Prajitno ;
4. Wimphry Suwignjo ;
5. Happy Herawati Chandra ;
6. Sitaresmi Puspadewi Subianto ;
7. Widatul Millah ;
8. Vonny Chandra.

Baca:  Seminar IPPAT Tulung Agung Berkelas Nasional

Kontributor: DN

Komentar