oleh

Pendampingan Penilaian Maturitas SPIP

Jakarta, kabarnotariat.id – Melalui bimbingan teknis ( Bimtek) Pendampingan Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di Ballroom Oemar Seno Adji lantai 18, Gedung Ex-Sentra Mulia, Selasa (16/04/19).

Acara tersebut, diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham.

Terkait tema dari Bimbingan teknis yang diselenggarakan, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Chairani Ida menghimbau kepada peserta agar mendorong peningkatan Maturitas Level Sistem Pengendalian intern Pemerintah (SPIP) dan agar mengikuti bimbingan teknis itu dengan sebaik-baiknya.

“Hari ini kita semua belajar, DJKI selalu welcome dalam setiap kegiatan peningkatan hal apapun di Kementerian Hukum dan HAM baik SPIP dan lainnya”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan Kemenkumham Iwan Kurniawan mengatakan bahwa untuk SPIP BPKP memiliki target menjelang akhir pergantian masa presiden di tahun 2019. 80% kementerian dan lembaga termasuk pemerintah daerah yang sudah memiliki level maturitas 3 atau terdefinisi.

Informasi yang dihimpun, Survey SPIP akan dimulai pada tanggal 18– 30 April 2019. Kemudian untuk validasi dokumen serta wawancara yang dilakukan oleh Inspektorat dan BPKP dilakukan pada tanggal 02 – 10 Mei 2019. Dan di tanggal 10 – 15 Mei 2019, dilakukan penyampaian hasil penilaian sementara Inspektorat Jenderal kepada Sekjen terkait Assesment hasil survey Kemenkumham.

Lebih jauh, hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Chairani Ida; Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Iwan Kurniawan; Inspektur Wilayah I Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Budi Ateh; Direktur Bidang Pengawasan Lembaga Pemerintah Bidang Penegakkan Hukum dan Sekretariat Lembaga Tertinggi dan Lembaga Tinggi Negara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Arif Ardiyanto.

Baca:  Peresmian Kantor Sekber Pengda INI,DKD dan MPD Kabupaten Karawang, Sekum INI,"Saya Kasih 10 Jempol Untuk Pengda Karawang INI"

Hadir pula Perwakilan Pimpinan Tinggi Pratama Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI); Kepala Sub. Direktorat D202. II Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kapsari; Perwakilan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Satuan Tugas Sistem Pengendali Intern Pemerintah (SPIP); beserta Perwakilan Pejabat dan Staff Admistrator dan Pengawas dari masing-masing Unit Eselon I Kementerian Hukum dan HAM.

(IRN/MAS)

Komentar