oleh

Raih 78 Suara, Sita Kembali Pimpin IPPAT Surabaya

Kabarnotariat.id, Surabaya –  Pengurus Daerah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (Pengda IPPAT) Surabaya, tengah menyelenggarakan Konferensi Daerah (Konferda) pada Bulan Suci Ramadhan yang bertempat di Dyandra Convention Center Surabaya, Selasa, 21 Mei 2019.

Presidium Konferda IPPAT Surabaya

Acara tersebut, diawali dengan sambutan-sambutan dari Ketua Panitia, Ketua Pengda Surabaya, Ketua Pengurus Wilayah (Pengwil) Jatim dan seremonial yang menghadirkan tamu undangan dari kantor pertanahan. Dilanjutkan pula dengan pembentukan presidium dan penyerahan sidang pleno kepada presidium Konferda.

Informasi yang dihimpun, Gatot Tri Waluyo, SH memimpin jalannya sidang dengan 2 anggota presidium lain yaitu Iyen Suhesti, SH, MH dan Fachria Lapasere, SH. Mereka menyampaikan pencapaian kuorum Sidang konferda yang belum memenuhi korum dengan skorsing selama 1 jam untuk pemenuhan amanah AD/ART IPPAT.

Sambil menunggu skorsing, acara dilanjutkan dengan materi upgrading seputar permasalahan hukum yang di sampaikan oleh para Majelis Pembina dan Pengawas PPAT Daerah (MP2D) Surabaya 1 dan Surabaya 2.

Up – Grading Seputar Permasalahan Hukum

Usai paparan, sidang dilanjutkan dengan penyampaian data terbaru jumlah peserta yang hadir dan dilanjutkan dengan penjaringan calon ketua pengda IPPAT Surabaya untuk periode 2018-2021. Dalam sidang, disepakati 3 bakal Calon ketua yang menjadi acuan peserta dalam memilih ketua. Namun saat penjaringan salah satu calon yang diusulkan, Sita Resmi memperoleh suara lebih dari separuh peserta yang hadir dibanding kandidat usulan yang lain.

Dengan kondisi itu, ada anggota yang mengusulkan agar hasil penjaringan disepakati secara aklamasi Sita Resmi dipilih sebagai ketua. Usulan-usulan yang ditampung presidium, dikembalikan kepada 3 kandidat yang memperoleh suara teratas dan anggota yang hadir. Dan diputuskan melanjutkan acara pemungutan suara untuk memilih 3 calon ketua dari hasil penjaringan, yaitu, Sitaresmi, Devi Crisnawati dan Budi Pahlawan.

Baca:  Gobar Dalam Rangka HANTARU Dan HUT IPPAT

Melalui hasil penetapan itu, Presidium memberikan kesempatan 3 calon hasil penjaringa itu untuk menyampaikan visi-misinya selama 3 menit di hadapan anggota. Namun Budi Pahlawan (salah satu calon), lebih memutuskan untuk menyepakati rencana hasil aklamasi. Sehingga sidang menetapkan 2 calon untuk dipilih, dalam agenda pemungutan suara memilih ketua.

Lebih lanjut, dari hasil pemungutan suara Sitaresmi memperoleh 78 suara, sedangkan Devi Crisnawati mengungguli 16 suara dan 8 Suara abstain. Sitaresmi Puspitadewi, SH kini kembali memimpin Pengda IPPAT Surabaya periode 2018-2021.

Proses Pemungutan Suara Konferda IPPAT Surabaya

Diakhir acara, Sitaresmi ditetapkan dan dilantik sebagai ketua IPPAT pengda Suarabaya oleh ketua pengwil IPPAT Jatim, Isy Karima Syakir, SH, MH, MKn.

DN

Komentar