oleh

Profesionalitas dan Prinsip Kehatian-hatian

Sukabumi, Kabarnotariat.id – Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia bersama Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (Pengda I.N.I – IPPAT) kabupaten Sukabumi gelar Diskusi Hukum yang bertajuk “Permasalahan Yang Dihadapi Notaris & PPAT Dalam Menjalankan Tugas dan Jabatan”. Kamis (1/5) di Hotel Anugrah,  Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Ketua Pengda I.N.I Kab.Sukabumi, Andari Wijayanti, SH., mengatakan diskusi yang diikuti sedikitnya 100 peserta ini khususnya anggota INI Kabupaten Sukabumi, perlu mendapat pengayoman dan perlindungan hukum ketika menjalankan tugas jabatannya, agar tidak melanggar hukum dan Undang-Undang Jabatan Notaris (UUJN).

Sedangkan menurut Ketua Pengda IPPAT Kab.Sukabumi, dalam meningkatkan pelayanan dan pelaporan, PPAT bertanggung jawab secara pribadi atas pelaksanaan tugas dan jabatannya dalam setiap pembuatan akta tanah.

“PPAT memiliki peranan yang sangat strategis dalam penyelesaian administrasi pertanahan, di mana PPAT adalah pejabat umum yang diberikan kewenangan untuk membuat akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau hak milik,” Jelas Pria yang akrab disapa BSP.

Karena itu, dengan kewenangan tersebut bisa memberikan jasa pelayanan kepada masyarakat dengan profesionalitas dan prinsip kehatian-hatian.

”Kami berharap jangan sampai ada Notaris – PPAT di Kabupaten Sukabumi dalam melaksanakan profesinya justru melanggar hukum,”pintanya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Rahayu Ningsih, SH menjelaskan tujuan diadakannya Diskusi Hukum ini merupakan sebagai rangkaian Pembinaan dari Majelis Pengawas dan Pembinaan Daerah atau disebut MP2D, untuk profesi kita sebagai PPAT. Dan Pembinaan dari Majelis Pengawas Daerah (MPD) yakni untuk profesi kita sebagai Notaris.

“Pembinaan yang dilakukan oleh kedua Majelis tersebut adalah sangatlah penting bagi kita semua sebagai pihak yang menjalankan profesi-profesi tersebut sehingga kita dapat menjalankan profesi tersebut dengan benar sesuai aturan hukum dan kode etik yang berlaku bagi profesi kita semua,”ucapnya.

Baca:  Amanah Berikan Kepada Yang Berhak

Kemudian, lanjut Rahayu, secara bersama-sama peran serta kepolisian yang hadir dalam acara ini juga ikut berdiskusi guna menyikapi permasalahan-permasalahan yang timbul pada saat menjalankan tugas dan jabatan.

Lebih lanjut, ujar Rahayu, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada MP2D yang terdiri dari instansi kantor pertanahan kabupaten sukabumi dan dari unsur PPAT. Selanjutnya, MPD Heri Sarmanto, SH., Yuseph, SH., juga pihak kepolisian resort sukabumi beserta jajarannya. Dan terakhir kepada segenap Panitia yang tangguh, dimana berkat mereka acara ini dapat terselenggara dengan baik.

(IRN)

Komentar