oleh

Siapakah Sosok SAH Di Bacaketuwil I.N.I Jatim ?

Kabarnotariat.id, Jatim – Organisasi Ikatan Notaris Indonesia (I.N.I) Wilayah Jawa Timur (Jatim) sebentar lagi bakal menyelenggarakan Konferensi Wilayah (Konferwil) pada Senin, 23 September 2019 akan datang. Sebagai amanah organisasi, dalam Konferwil Jatim nantinya akan melaksanakan pemilihan Ketua baru masa bakti kepengurusan periode 2019-2022.

Untuk itu, dalam penyampaian kampanye/ Sosialisasi Bakal Calon Ketua Wilayah (Bacaketuwil) Jatim yang diselenggarakan di Pasuruan 29 Agustus 2019 lalu, ada sosok baru yang maju bersanding dan bertanding bersama petahana. Yaitu Siti Anggraeni Hapsari, SH, MH yang saat ini menjabat Ketua Pengurus Daerah (Pengda) I.N.I Surabaya dan akrab disapa Mami Heni.

Dalam kesempatan kampanye/Sosialisasi tersebut, Mami Heni menyampaikan jargon SAH sebagaimana singkatan dari nama panjangnya Siti Anggraeni Hapsari. Adapun jargon tersebut diartikannya dengan huruf pertama S sebagai Semangat dan penuh Keyakinan. Kedua A Sebagai Amanah dan bertanggung jawab. Kemudian yang terakhir H adalah Harmonis dengan pengurus INI Pusat, Wilayah dan Daerah.

SAH saat mengikuti Pendidikan Lemhannas

Selain itu disampaikannya juga jargon baru lainnya, yaitu bersama SAH ciptakan Semangat baru dan Suasana Baru. Bersama SAH ciptakan SDM Hebat yang menjadikan Organisasi Terhormat. Bersama SAH membangun mental, menjaga harkat dan martabat Notaris, menegakkan kode etik, mencari bekal ilmu yang memadai, sehingga Organisasi menjadi lebih dikenal dan dihormati oleh masyarakat luas.

SAH Bersama Petahana dan Tim Pemilihan, Tim Pengawas dan Tim Verifikasi

Siapakah SAH?

SAH adalah Sosok yang Independent, mengayomi dan keibuan serta dapat merangkul semua anggota tanpa membedakan Suku, Agama, Ras dan antar golongan. Tak hanya itu SAH adalah sosok yang terbuka, tidak anti kritik, Siap menerima masukan dan saran dari siapapun demi membangun kejayaan organisasi serta terbuka terhadap masalah keuangan organisasi dan akan melaporkan secara periodik laporan keuangan persemester sebagai laporan pertanggungjawaban terhadap anggota.

Baca:  Kukuhkan Pengurus dan Pokja IPPAT Jabar, Ketua Wilayah Prioritaskan 'Kepentingan Anggota'
SAH Dalam Sarasehan Sosialisasi Bacaketuwil I.N.I Jatim

Riwayat Pendidikan yang pernah ditempuhnya sebagai berikut : Alumnus SMAN 2 Surabaya, Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH. UNAIR) Surabaya, Program Studi (Prodi) Spesialis satu Notariat FH UNAIR, Prodi Magister Hukum Bisnis FH. UNAIR dan Alumni LEMHANAS angkatan pertama INI tahun 2018.

Jabatan Terakhir di Organisasi sebagai Ketua Pengda I.N.I Surabaya periode 2016 sampai sekarang, Wakil Ketua I.N.I Jatim Bidang Litbang periode 2016-2019, Koordinator Kewilayahan Pengurus Pusat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP IPPAT) periode 2018 – sekarang, anggota Bidang Litbang PP I.N.I periode 2016-2019 dan anggota Bidang Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat INI periode 2019-2022.

Visi dan Misi SAH

Dijelaskan SAH (Mami Heni) didalam gambar panah brosur slide show Visi dan Misi merupakan simbol harapannya sebagai pemanah ulung yang bisa memanah tepat pada sasaran. Didalam visi dan misinya terdapat visi misi internal dan eksternal.

_Visi dan Misi Internal :_

Jumpa dan Evaluasi Lewat Darat (JEDAR) :
Silaturahmi antar anggota di semua pengda INI se-Jatim secara berkala.
Upgrading ilmu-ilmu terbaru
Evaluasi kinerja pengwil dan masukan-masukan dari pengda
Tidak membebani anggaran pengda.

Pelatihan dan magang
Pelatihan dan magang secara efektif dan edukatif. Perkelas kecil kurang lebih 50 orang (dilakukan secara periodik).
Belajar membuat akta, menulis protokol dengan tulisan tangan.

Mengusahakan Sekertariat bersama INI-IPPAT yang lebih representatif
Dengan sumber keuangan dari :
Uang pangkal
Uang iuran
Sumbangan-sumbangan
Hasil usaha dll.

_Visi dan Misi Eksternal:_

Menjalin hubungan yang sinergis dan harmonis dengan instansi terkait
Kepolisian
Kejaksaan
Pengadilan/kehakiman
Perpajakan
Universitas

Untuk pendampingan dan perlindungan anggota. Mengadakan kerjasama dengan biro bantuan hukum Universitas Negeri maupun Swasta.

Penyuluhan Pada Masyarakat (PELUMAS)
Pengenalan Tugas dan fungsi Notaris
Pembuatan Akta Gratis saat HUT INI
Harmonisasi dan sinergi INI-IPPAT dengan mengadakan kegiatan bersama untuk masyarakat.

Baca:  1000 Peserta Ikuti Webinar Ikano Unpad, Ranti Fauza Mayana Sebut Kondisi Covid - 19 Menuntut Agar Lebih Kreatif, Bijaksana dan Efisien

Harmonisasi I.N.I-IPPAT Jatim menurut SAH merupakan bagian dari program yang tidak hanya sekedar jargon atau tidak hanya sekedar moto tapi harus direalisasikan. Hal itu agar tidak tumpang tindih antara kegiatan INI dan IPPAT yang membebani anggota. Dimana INI mengadakan program sendiri, IPPAT mengadakan program sendiri sehingga saling menunjukkan inilah program INI atau IPPAT.

“Saya berjanji, jika saya terpilih menjadi Ketua Pengwil I.N.I Jatim, saya akan menyelenggarakan konferwil gratis tanpa biaya,” ungkap SAH disambut tepuk tangan peserta.

Ditambahkannya, bahwa konferwil itu kewajiban ketua pengwil untuk memikirkan bagaimana caranya agar setiap kandidat tidak selalu dicurigai money politic terus menerus. Untuk itu ketua harus tahu bagaimana mekanisme supaya menghindari terjadinya money politic. Selain itu konferwil tidak hanya diikuti oleh yang mempunyai uang saja, Konferwil itu hak semua anggota untuk bisa ikut dalam pesta demokrasi organisasinya.

Dalam kata penutupnya, SAH menyampaikan
KHARISMA itu hanya kulitnya, KARAKTER itu isinya, JABATAN hanya bungkusnya PENGABDIAN dan PELAYANAN itu faktanya.

Yang akan menentukan masa depan organisasi ini bukan hanya siapa yang terpilih, tetapi bagaimana kualitas seluruh anggotanya. Bukan hanya menghargai siapa yang menang, tapi juga mengapresiasi mereka yang berjiwa besar untuk menerima kekalahannya. Itulah PEMIMPIN SEJATI.

DN

Komentar