oleh

Notaris Sambang Kampus Jatim Perdana Di Gresik

Kabarnotariat.id, Gresik – Notaris Sambang Kampus adalah sebuah Program baru di masa kepemimpinan Bambang Heru Djuwito, SH, MH., selaku Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (Pengwil I.N.I Jatim) ini. Untuk pertama kalinya program tersebut diselenggarakan Pengwil I.N.I Jatim bersama Pengurus Daerah (Pengda) I.N.I Kabupaten Gresik di Kampus Universitas Muhammadiyah (UM) Gresik. Tepatnya di gedung auditorium lantai 3 pada hari senin, 16 September 2019, tanpa dipungut biaya.

Narasumber dan Moderator Notaris Sambang Kampus
Narasumber dan Moderator Notaris Sambang

Bambang Heru Djuwito (BHD) menyampaikan bahwa ada 2 sesi agenda yang disajikan dalam kegiatan Notaris sambang kampus ini. Sesi pertama memberikan penyuluhan mengenai tugas dan kewenangan Jabatan Notaris kepada mahasiswa fakultas hukum UM Gresik. Dan di sesi kedua, membuat sebuah sarasehan dengan para anggota I.N.I pengda Gresik.

Ketua Pengwil I.N.I Jatim Menyerahkan Cinderamata Kepada Ketua Pengda I.N.I Gresik

Dimana disajikan satu materi pendekatan persoalan hukum praktek jabatan Notaris yang kemudian meresponnya dengan berdialog, bertukar pikiran dan lain sebagainya.

MoU Universitas Muhammadiyah Gresik dan Pengwil I.N.I Jatim

Event tanpa kontribusi ini menurut BHD memang sengaja untuk memberikan peluang kepada anggota agar terus-menerus dalam upaya penyegaran kualitas praktek pelaksanaan jabatan Notaris bisa terpenuhi. Program ini ditambahkan BHD akan diteruskan ke berbagai daerah nantinya di seluruh Jawa Timur yang tidak ada program studi kenotariatannya. Dimana nanti akan mengadakan kerjasama dengan menyajikan materi-materi seperti yang telah terselenggara di Gresik.

Anggota Pengda I.N.I Gresik dan Pengwil I.N.I Jatim

Yang paling utama dalam kegiatan ini menurut BHD adalah sebagai upaya peningkatan kesadaran hukum masyarakat sesuai Anggaran Dasar INI sambil melakukan peningkatan atau penyegaran pengetahuan kepada anggota. Program pengabdian kepada Masyarakat ini hampir sama dengan program Notaris Masuk Desa, yang sebelumnya telah sukses dilaksanakan di 18 pengda se-Jawa Timur.

Setelah bertemu dengan masyarakat, lalu INI pengwil Jatim juga bertemu dengan anggota-anggota di daerah melalui Silaturahmi Daerah (SILDA) yang juga melakukan diskusi dalam upaya penyegaran kualitas praktek pelaksanaan jabatan Notaris.

Baca:  BPN Kota Tangerang Raih Penghargaan Role Model Unit Pelayanan Masyarakat Golongan Rentan Dan Berkebutuhan Khusus

Adapun sebagai Nara sumber di sesi Pertama disampaikan oleh Dr. A.A. Andi Prajitno,SH, MKn., yang menyampaikan pemaparan materi mengenai apa dan siapa Notaris di Indonesia sebagaimana buku yang pernah di tulisnya sebagai pengetahuan buat masyarakat. Dan di sesi kedua disampaikan oleh Dr. Zaenah, SH, MKn yang memaparkan persoalan hukum di bidang kenotariatan berikut akad-akad syariah dalam praktek.

DN

Komentar