oleh

Hindari Mafia Tanah Kementerian ATR/BPN RI Akan Umumkan Daftar PPAT

Kabarnotariat.id –  Baru-baru ini, jagad maya digegerkan dengan berita tertangkapnya mafia tanah di Jakarta. Modus yang dilakukan, yakni dengan menggunakan PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) palsu saat bertransaksi. Sindikat ini, mengelabui korban membikin kantor PPAT lengkap dengan palang nama PPAT palsu.

Modus PPAT palsu ini ke depan tidak akan laris kembali, mengingat ketika akan bertransaksi tanah masyarakat bisa dengan mudah dan cepat mengetahui daftar PPAT di seluruh Indonesia. Daftar Seluruh PPAT akan tersedia di website Kementerian ATR/BPN www.atrbpn.go.id.

“Kita memastikan semua PPAT terdaftar di sistem ATR/BPN, daftar PPAT beserta alamat kantor akan diumumkan melalui website Kementerian, sehingga masyarakat dapat mengetahui,” ungkap Suyus Windayana Direktur Jenderal Hubungan Hukum Keagrariaan dalam sambutannya pada PPAT Awards 2019 di Novotel Tangerang (18/10).

Direktur Jenderal Hubungan Hukum Keagrariaan, Suyus Windayana

Tentunya hal ini juga membutuhkan kesadaran masyarakat. Sebelum melaksanakan transaksi tanah hendaknya dapat mencari informasi terkait PPAT yang akan digunakan jasanya dan tidak mudah memberikan sertipikat kepada orang asing yang mengaku-ngaku akan membeli tanahnya. Jika memperhatikan kaidah-kaidah yang telah ditentukan transaksi tanah, tentu akan aman adanya.

HMS/RED

Baca:  'Case Sharing & Problem Solving dalam Pelaksanaan Jabatan Notaris / PPAT'

Komentar