oleh

Sri Widiyanti: Ditengah Pandemi Covid-19, Notaris-PPAT Harus Tetap Semangat Bekerja Dalam Melayani Masyarakat

Klaten, Kabarnotariat.id – Guna mengurangi resiko penularan dan memutus mata rantai Covid-19 yang bisa terjadi melalui kontak fisik pada saat menjalankan pekerjaan, maka semua orang dianjurkan untuk bisa bekerja di rumah (Work From Home). Tidak terkecuali juga terhadap pekerjaan seorang Notaris & PPAT.

Hal demikian, dikemukan Notaris-PPAT yang juga Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (Pengda IPPAT) Kabupaten Klaten, Sri Widiyanti,SH,M Hum, M.Kn dalam perbincangannya dengan  Kabarnotariat.id, baru-baru ini di Kota Klaten, Jawa Tengah.

Menurut Sri, dengan adanya penerapan kebijakan social distancing/physical distancing dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, disini diharapkan semua pekerjaan dapat dikerjakan di rumah dengan menggunakan sistem komunikasi secara elektronik.

“Berkaitan dengan pekerjaan Notaris dan PPAT tentunya tidak semua pekerjaan dapat dilakukan dengan menggunakan sistem elektronik dan juga, tidak semua pekerjaan dapat ditunda dalam arti tidak dilakukan sekarang sehingga dapat menunggu sampai keadaan membaik,” ungkap Sri.

Namun kata dia lagi, untuk Akta-akta yang berkaitan dengan pekerjaan  Notaris & PPAT tidak semuanya dapat ditunda seperti akta – akta yang berkaitan dengan hubungan antara subyek hukum perorangan seperti disini perjanjian, utang piutang dan  wasiat notariil beserta pendaftarannya.

“Ini adalah akta-akta yang dibutuhkan oleh orang perorangan berdasarkan kebutuhan mereka yang tidak urung karena adanya pandemi Covid 19, bahkan karena kebutuhan muncul karena pandemi Covid 19,” ujarnya.

Lebih jauh ditambahkan Sri, disini kita dituntut untuk tetap bisa menjalankan profesi kita selaku Notaris & PPAT, agar pelayanan masyarakat tetap berjalan dengan memperhatikan apa yang menjadi himbauan dari pemerintah. Untuk pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten sampai saat ini berjalan dengan baik walaupun ada pembatasan pelayanan, hal ini terjadi karena adanya komunikasi yang dibangun dengan baik antara Pengurus IPPAT Pengda Kabupaten Klaten dengan Kantor Pertanahan.

Baca:  Satu Langkah Menuju KLB IPPAT

“Kalau masalah waktu dan kelancaran saya kira semuanya sama, karena keadaan pandemi Covid 19 tidak bisa bekerja secara maksimal, namun bagi kita yang penting adalah bisa tetap melayani masyarakat  walaupun tidak bisa seperti pada saat keadaan normal.

“Adanya pandemi Covid-19 ini, memang sangat mempengaruhi roda perekonomian kita semua tidak terkecuali juga terhadap pendapat kita selaku Notaris & PPAT. Namun menurut saya secara pribadi hal ini harus kita hadapi dengan penuh kesabaran & selalu berdoa agar pandemi Covid-19 cepat berakhir. Dan kita harus senantiasa selalu berdoa, bersyukur atas rezeki yang diberikan pada kita, harapan saya semoga kita semua senantiasa diberikan kesabaran, kekuatan dan kesehatan serta selalu dalam lindungan Allah SWT” imbuhnya.

JMN
Editor: IRN

Komentar