oleh

Webminar Andy Institute Selesaikan Problematika PHK Akibat Covid-19

Kabarnotariat.id – Cukup banyaknya permasalahan akibat adanya PHK dimasa pandemi Covid-19 yang belum mengindikasikan terwujudnya perlindungan dan kepastian hukum. Andy Institute (AI) berupaya menyelenggarakan webminar yang bertemakan “PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PERUSAHAAN DAN PEKERJA DALAM KEBIJAKAN PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA DI ERA PANDEMI COVID-19” pada hari rabu, 12 Agustus 2020.

Menurut keterangan narahubung AI, latar belakang webminar ini dari Kasus Covid-19 yang berlarut-larut dan berdampak banyak, terhadap perusahaan. Adanya pembatasan kegiatan beberapa waktu lalu, membuat perusahaan keteteran. Terutama dalam mengatur cash flow atau keuangan perusahaan. Pilihan merumahkan bahkan PHK pun diambil oleh beberapa perusahaan. Sampai saat ini sudah jutaan karyawan terpaksa  Di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) maupun dirumahkan. 

Dari data Kementerian Ketenagakerjaan, tercatat jumlah pekerja yang terkena aksi PHK  dan dirumahkan hampir mencapai 2 juta orang. Apabila Pemutusan Hubungan Kerja terus terjadi, akan mengakibatkan semakin banyaknya pengangguran. 

Kebijakan PHK yang dilakukan oleh perusahaan, tentu menilik dari berbagai produk hukum sebagai acuan. Seperti Pasal 164  (1) Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang menyebutkan perusahaan dapat melakukan PHK terhadap pekerja/buruh karena perusahaan tutup/disebabkan perusahaan mengalami kerugian, secara berturut-turut selama 2 tahun atau keadaan memaksa. 

Selain itu juga terdapat pada  Pasal 1244 dan 1245 Kitab Undang-undang Hukum Perdata. Meskipun pada peraturan instrument hukum berupa peraturan perundang-undangan tampaknya cukup baik dan komprehensif, namun implementasi di pekerja menunjukkan hal sebaliknya.

Berdasarkan hal itulah, Andy Institute berusaha mengupasnya secara detail dalam webminar hari rabu, 12 Agustus 2020. Yang dimulai pukul 9.00 WIB.

Adapun materi dan narasumber yang akan membahas hal tersebut, diantaranya:

1. Karakteristik PHK Dalam Perspektif UU Ketenagakerjaan Oleh Dr. M. Hadi Shubhan S.H., C.N., M.H.

2. Peran Pemerintah Provinsi Jawa Timur Dalam Mengatasi Problematika PHK Di Masa Pandemi Covid 19 Oleh Dr. Himawan Estu Bagijo, S.H., M.H.

3. Perlindungan Hukum Terhadap Tenaga Kerja Yang Terkena Dampak PHK Di Masa Pandemi Covid 19 Oleh Dr. Joko Ismono, S.H., M.H.

4. Problematika dan Kebijakan Perusahaan Dalam Melakukan PHK Di Masa Pandemi Covid 19 Oleh Dr. Paulus Totok Lusida, Apt.

5. Penyelesaian Sengketa PHK Melalui Pengadilan Hubungan Industrial Oleh Y.M. Dr Sugeng Santoso PN., S.H., MM., M.H.

6. Polemik PHK terhadap perkembangan industri apartemen/rumah susun di Indonesia oleh Prof. Dr. Ir. J. Andy Hartanto, SH., MH., MMT., SpN.

Baca:  Visi Misi Kader Wawali Terbaik Demokrat Surabaya

Komentar