oleh

Aplikasi UTAMA BPN Surabaya 1 Urus Sertipikat Tanah dari Rumah

Kabarnotariat.id, Jatim – Sejak pandemi Covid-19, kantor pelayanan Pertanahan Surabaya 1, telah berupaya meminimalisir interaksi Tanpa Tatap Muka (TTM) antara pemohon dengan petugas loket dengan pelayanan online aplikasi UTAMA (Urus sertipikat TAnah dari ruMAh).

Saat dikonfirmasi kabarnotariat.id (10/8), Kepala Kantor Pertanahan Surabaya 1, Muslim Faizi M.Eng.Sc., mengatakan,” aplikasi web utamasby1.id, sebagai sarana untuk memudahkan proses pemohon pengurusan sertipikat yang dapat dilakukan masyarakat secara online”. Dengan demikian, memudahkan masyarakat tanpa harus mondar-mandir ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), mengurangi biaya transportasi dan waktu.

Muslim Faizi M.Eng.Sc

 

Alurnya, Pemohon mengakses URL website UTAMA https://utamasby1.id/, yang kemudian mengisi, melengkapi  dan mengunggah dokumen persyaratan. Setelah itu, pemohon mendapatkan kode permohonan berupa file pdf  untuk dicetak dan ditempel dipojok kanan atas map berkas yang berisi persyaratan pemohon.

Kemudian akan dilakukan validasi dan verifikasi data oleh petugas kantor pertanahan Surabaya 1 (kantah Sby1). Dimana status pemohon bisa terverifikasi atau tidak dengan melihat di menu “Cek Pemohon”. Selain itu pemohon juga akan mendapatkan informasi tervalidasi tidaknya melalui WhatsApp (WA). Setelah terverifikasi, pemohon diwajibkan mengatur jadwal (tanggal dan jam) penyerahan berkas fisik dalam map yang telah ditempel dipojok kanan atas kode permohonan itu.

Saat penyerahan berkas fisik, pemohon menyerahkan langsung ke petugas loket kantah Sby1 sesuai jadwal yang dipilih. Setelah diterima petugas, pemohon mendapatkan Surat Tanda Terima Dokumen (STTD) secara otomatis melalui menu “Cek Permohonan” di Web UTAMA dengan menekan tombol “Lihat Tanda Terima Penyerahan Berkas Permohonan”.

Pemohon juga akan mendapatkan Surat Perintah Setor (SPS) di menu “Lihat Surat Perintah Setor”, kemudian membayarnya melalui Bank persepsi yang telah ditunjuk. Setelah pembayaran, berkas akan diproses dan pemohon akan menerima produk/Sertifikat di loket 4.

Baca:  Peresmian Ruang Ika Notariat UI Akses Jejaring Alumni Yang Kuat

Di samping itu BPN Sby1 juga melayani call center 031.7401467 dan WA 08213 200 200 jika masyarakat ada keluhan.

Ditambahkannya, aplikasi UTAMA itu merupakan langkah revolusioner BPN Sby1 dalam mengembangkan pelayanan online yang telah ada, yang dimiliki kementerian. Dimana 5 (lima) pelayanan online yang telah ada itu, seperti pengecekan, Roya, Hak Tanggungan (HT-elektronik), Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), dan Zona Nilai Tanah (ZNT).

Sebuah keuntungan juga bagi persiapan BPN dalam menghadapi era digitalisasi. Dimana masyarakat terbantu dan data yang masuk BPN sudah digital. Kedepan ada wacana Sertifikat akan diterbitkan 1 lembar dengan sistem computeraized. “Lambat laun pemilik lahan yang membuat dokumen aslinya, sementara BPN menerima softcopy-nya saja, sebagaimana ketentuan dalam Undang- Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)”, pungkas Muslim.

DN

Komentar