oleh

Penghargaan Pertama Kali Atas Kerapian Protokol Notaris di Gresik

Kabarnotariat.id, Jatim. Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris Gresik memberikan penghargaan dari hasil pemeriksaan kerapian protokol Notaris, kepada 9 Notaris Gresik di kantor sekertariat MPD-INI-IPPAT Pengurus Daerah Gresik Jawa Timur (9/9/2020).

Disampaikan Ketua MPD Notaris Gresik, DR. Anis Mohamad, SH., MH., bahwa pemeriksaan berkala protokol Notaris  Gresik, selalu dilakukan setiap tahun, secara berkala. Pemeriksaan tersebut dibagi dalam 3 tim MPD, yaitu Tim A, B dan C. Penghargaan Kali ini adalah untuk pertama kalinya diberikan kepada para Notaris yang telah diperiksa oleh tim A. Dimana dirinya selaku ketua tim A, yang dibantu oleh anggota MPD lain dari unsur akademisi, H. Suhartanto, SH., MH., dan dari unsur Pemerintahan, Nurlailie Indah Kusumawatie, SH., MKn.

MPD Notaris Gresik

Tujuan dari pemberian penghargaan ini, menurut Anis adalah untuk memotivasi adanya perbaikan-perbaikan dari bendel minuta atau protokol Notaris secara rapi dan tertata baik. Karena hal itu merupakan data fisik sebagai pembuktian, dan sewaktu-waktu bisa diperiksa saat dibutuhkan. Dengan rapinya pemberkasan, ditambahkannya,  akan memudahkan bagi Notaris sendiri dalam mencari sesuai alphabetnya dan lebih cepat menemukan data fisik yang dibutuhkan tersebut.

“kita sudah melakukan pemeriksaan protokol Notaris atas rapinya pembukuan, bendel minuta, penyimpanan protokol dan lain-lain,” ungkap Anis. Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh tim A terhadap 80 Notaris Gresik, hanya 9 nama Notaris yang telah memenuhi syarat dan ketentuan, sebagaimana diatur didalam UUJN dan Permen Kumham no.15 tahun 2020. Sementara 160 Notaris lainnya, masih belum selesai ditentukan pemeriksaannya oleh tim B dan tim C.

MPDN Gresik bersama Notaris penerima Penghargaan

Adapun ke-9 Notaris yang mendapatkan penghargaan tersebut diantaranya: Linda S.M. Sahono, SH.; Farah Nurani Tjinong, SH.; Titiek Nurhayati, SH., MKn.; Helen Sisceriany Ajinata, SH., MKn.; Soraya, SH.; Dwi Wahyu Rahmawati, SH., MKn.; Agil Suwarto, SH., MKn.; Badrus Saleh, SH., dan Ami Raditya, SH., MKn.

Baca:  Pandemi Covid -19 dan Akta Otentik Dalam Perspektif Keadilan Bermartabat

DN

Komentar