oleh

Perumusan Notaris Penerima Magang di Gresik

Kabarnotariat.id, Jatim. Ikatan Notaris Indonesia (INI) Pengurus Daerah (pengda) Gresik, menggelar rapat perumusan Notaris penerima magang untuk calon Notaris Gresik, di kantor sekertariat INI pengda Gresik Jl. Panglima Sudirman ruko Dinari Gresik (9/9), bersama Majelis Pengawas Daerah dan Dewan Kehormatan Daerah.

Ketua INI Pengda Gresik, Farah Nurani Tjinong, SH., mengatakan rapat tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat pengurus Wilayah Jawa Timur mengenai daftar rekomendasi para Notaris Penerima Magang di daerah. Hal itu dipandang perlu agar pelaksanaannya, sesuai pasal 6 ayat 2 peraturan perkumpulan no.10/perkum/INI/2018. Dimana Notaris penerima magang harus memenuhi 8 ketentuan, diantaranya :

Suasana Rapat
  1. Notaris penerima magang sekurang-kurangnya 5 tahun masa kerja dan aktif menjalankan Jabatan sebagai Notaris dengan jumlah akta sekurang-kurangnya 20 akta perbulan.
  2. Aktif dalam berorganisasi atau ada keperdulian terhadap organisasi
  3. Kapasitas daya tampung Notaris penerima magang memungkinkan.
  4. Diputuskan pengwil atas usulan pengda setelah mendapatkan pertimbangan dari Dewan Kehormatan Daerah dan Dewan Kehormatan Wilayah, Majelis Pengawas Daerah dan Majelis Pengawas Wilayah (dari unsur Notaris)
  5. Memberi laporan kepada pengda tentang saat mulai maupun berakhirnya magang.
  6. Memberi kesempatan kepada calon Notaris yang magang untuk mengikuti program magang yang diselenggarakan secara bersama-sama oleh pengda dan atau pengwil.
  7. Selalu memperhatikan dan mentaati peraturan perundang-undangan tentang Jabatan Notaris dan program magang yang disusun dan ditetapkan perkumpulan INI.
  8. Memberikan kesempatan kepada calon Notaris yang magang untuk menjadi Notaris Pengganti, apabila yang bersangkutan telah memenuhi syarat.

Dengan demikian menurut Farah, kedepan Notaris penerima magang mempunyai tanggungjawab moral terhadap calon Notaris yang magang ditempatnya. Dan diharapkan selama 2 tahun magang di kantor Notaris, dapat menguasai materi sesuai kurikulum dan silabus semester 1 sampai dengan semester 4 sesuai perkum INI. Sehingga tidak terkesan hanya memberikan surat rekomendasi magang saja, namun dapat memahami materinya.

Baca:  I.N.I - IPPAT Jatim Berikan Bantuan Korban Bencana Palu, Sigi & Donggala

DN

Komentar