oleh

Pelayanan Prima IPPAT Pasuruan Di Tengah Pandemi

Kabarnotariat.id, Jatim – Dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (HUT IPPAT) yang Ke – 33, Pengurus Daerah (Pengda) IPPAT Pasuruan menyelenggarakan Seminar Online (webminar via zoom). Dimana, panitia memfasilitasi tempat untuk para Pembicara/Narasumber di hotel Horison Pasuruan (22/9).

Ketua panitia pelaksana, Dimas Bismi Hamdalah, SH., MKn., mengungkapkan bahwa acara Webminar dihadiri oleh 23 panitia pelaksana (panpel) dan 46 peserta Online zoom yang semuanya anggota PPAT Pasuruan kota dan kabupaten.

Hadir sebagai undangan dari pihak kementerian ATR/BPN Kota dan Kabupaten Pasuruan, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pasuruan dan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kab. Pasuruan. Sementara, dari pihak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Pasuruan berhalangan hadir.

Adapun Sebagai Nara sumber terdiri dari BKD Kab. Pasuruan, M. Syafi’i, SE., dari KPP Pratama Pasuruan, Karsita, dari BPN kota Pasuruan, Masyarif Soedibjo, SH., dan dari BPN Kab.Pasuruan, Sukardi.

Ketua Pengda IPPAT dan Panpel Bersama Narasumber

Menurut Ketua IPPAT Pengda Pasuruan, Hardi Wigiatono, SH., MHum., bahwa webminar ini sangat interaktif dan sukses dilaksanakan. Dirinya pun mengapresiasi kekompakan panpel dalam mengemas webminar dengan tema Membangun Sinergi Positif PPAT Pasuruan bersama Kementerian ATR/BPN, BKD, Bapenda dan KPP Pratama Dalam Memberi Pelayanan Prima ditengah Pandemi Covid-19.

“Karena ada hubungannya dengan Covid-19, mau tidak mau harus melayani dengan online,” terang Hardi. Dimana, pola pelayanan sebelumnya yang secara offline, harus beradaptasi dengan pola pelayanan online. Awalnya pasti mengalami kesulitan dan sampai sekarang sudah mendekati sempurna.

Namun, masih ada kendala-kendala yang harus di selesaikan untuk mendapatkan solusi dari praktek pelaksanaan Jabatan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Peserta online

Diakuinya, Instansi-instansi terkait tersebut belum pernah bertemu selama masa pandemi ini. Dan baru kali ini, melalui webminar, mereka dapat membahas dan memberikan solusi-solusi dari masing-masing instansi terkait berdasarkan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Baca:  Peresmian Kantor Sekber Pengda INI,DKD dan MPD Kabupaten Karawang, Sekum INI,"Saya Kasih 10 Jempol Untuk Pengda Karawang INI"

Hardi berharap semoga fasilitas online dimasing-masing instansi berjalan lancar. Sementara, hasil dari webminar yang berupa tanya jawab atas solusi-solusi yang dibahas akan ditulis serta dibagikan kepada instansi-instansi tersebut. Bahkan, KPP Pratama dan BKD berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan yang membahas mengenai pelayanan-pelayanan kepada Masyarakat. Terutama dibidang pertanahan, jual-beli, hibah dan lain sebagainya.

Peserta offline

Lebih lanjut hardi menambahkan, bahwa mengenai serangkaian agenda kegiatan lain, dalam memeriahkan HUT IPPAT ke-33, yang telah direncanakan Pengda IPPAT Pasuruan harus ditunda. Karena setelah webminar tersebut, dirinya mendapat Surat Edaran Peraturan Bupati Kabupaten Pasuruan mengenai kondisi Zona merah untuk Pasuruan. Sehingga ada pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) Selama 14 hari, yang dimulai tanggal 24 September 2020. Sehingga pelaksanaan Gowes yang sudah direncanakan pada hari sabtu, 26 September 2020 harus di tunda dan menunggu evaluasi lebih lanjut.

DN

Komentar