oleh

Pengwil Jabar Rayakan HUT IPPAT Sekaligus HANTARU Dengan 3 Rangkaian Acara

kabarnotariat.id, Jabar – Dalam pelaksanaan sebuah kegiatan seremonial di masa pandemi Covid-19, meskipun serba dibatasi, hal itu bukan berarti menurunkan Anggota atau Pengurus Wilayah (Pengwil) Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Jawa Barat untuk memperingati hari jadi organisasinya yang berusia Ke – 33 tahun dan hari jadi Agraria Nasional dan Tata Ruang (HANTARU) Ke – 60 yang jatuh di Bulan September 2020 ini.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, sesuai arahan 3M dari pemerintah, yaitu menjaga jarak dan membatasi jumlah orang yang hadir, menggunakan masker/face shield, membasuh tangan dengan hand sanitizer serta mencuci tangan dengan sabun, hingga melakukan pengecekan suhu tubuh, Jajaran Pengwil IPPAT Jawa Barat.

Osye Anggandari

Rangkaian acara kegiatan memperingati hari jadi tersebut, diantaranya pada senin (20/09/2020)  webinar yang bekerja sama dengan pengda Betasuka (Kota Bekasi, Kab Bekasi, purwakarta, Subang dan Karawang). Sekaligus sebagai PAD (Pertemuan Antar Daerah), acara webinar diikuti sekitar 1000 peserta.

Hadir dalam acara webinar, antara lain, Menteri Agraria Dr. Sofiyan Djalil, SH., MM., sebagai Key not Speaker. Turut hadir pula sebagai nara sumber yaitu Dr Andi Tenrisou, SH., MH., Dirjen Penataan Agraria  yang di dampingi moderator Dr. Wira Franciska, SH., dan nara sumber yang kedua adalah Dr. Habib Adjie, SH., MHum, dengan moderator Erna Hamdita, SH., MKn., yang menampilkan MC Vanji Yogi, SH., MKn.

Acara tersebut dengan Tema “Kebijakan Nasional di bidang Pertanahan  dan Reforma Agraria Diera gitalisasi serta pemahaman Hukum Atas Putusan MK No 21/puu XVIII/20 Tentang Hak Tangungan”. Kegiatan berlangsung dari jam 13.00 sampai 15.00 WIB. Bertempat di seketariat Pengwil IPPAT Jabar di Jalan Merak, Kota Bandung.

Baca:  Membangun Organisasi Melalui Kepengurusan Pengwil I.N.I Jateng
Kegiatan Baksos Donor Darah PMI

Tak hanya webinar yang di selengarakan, kegiatan donor darah pun di gelar. Bertempat di PMI Kota Bandung, peserta donor darah terdiri dari  jajaran pengurus pengwil IPPAT Jabar yang hadir pada acara donor darah.

Rangkaian acara kegiatan lainnya pada hari H (24 september 2020), jajaran pengurus pengwil IPPAT Jabar yang di komandoi Osye Anggandari,SH.,  mengikuti upacara virtual dengan kementrian Agraria bersama menteri Dr Sofiyan Djalil, SH. Bertempat di lingkungan Gedung Kanwil BPN Jabar Jalan Soekarno Hatta Bandung, Upacara Virtual ini, diikuti seluruh kantor pertanahan dan kanwil serta pengwil IPPAT di seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut merupakan hasil sinergitas antara Pengwil dengan pengda- pengda yang ada di Jawa Barat. yang didukung pula oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, Kanwil BPN Jawa Barat, Kementrian Agraria dan BJB Jabar Banten. Hal itu dikatakan langsung oleh Ketua Pengwil IPPAT Jawa Barat. Osye Anggadari,SH, saat diwawancarai kabarnotariat.id, disela-sela baksos donor darah.

“Bahwa rangkaian kegiatan acara ini, sebagai perwujudan dari kegiatan yang berkelanjutan dari pengurus Wilayah dengan Pengda-Pengda yang ada di Jawa Barat. Dengan bentuk pertemuan Antar Daerah dan kebetulan pelaksanaan kali ini bertepatan dengan kegiatan-kegiatan HANTARU yang ke-60, serta HUT IPPAT yang ke-33. Oleh karena itu kegiatan ini diadakan dengan mengundnag dari kementrian ATR/BPN beserta jajaran dan juga dari lingkungan PPAT. Guna mendengarkan dan memahami kebijakan-kebijakan yang ada selama ini dan yang akan dilaksanakan dikemudian hari,” terang Osye.

Lebih lanjut Osye menambahkan, bahwa untuk merencanakan pelaksanaan kegiatan rangakaian ini, pengwil IPPAT Jabar beserta pengurus – pengurus daerah  Betasuka dan lainya, pada tanggal 14 september 2020 telah mengadakan Audensi dengan Mentri Agraria beserta jajaran. Dan dalam pertemuan tersebut, kami berdiskusi, menyampaikan hal-hal yang berlangsung dalam pelaksanaan jabatan sehari-hari. Kemudian Menteri pun menyampaikan kebijakan-kebijakannya.

Baca:  PD Notaris Oikumene Immanuel Jatim Rayakan Natal

“Ada kabar gembira khususnya untuk kita semua, sesudah kegiatan dengan rekan-rekan PPAT Jawa Barat, Menteri akan bersedia memberikan materi dan informasi-informasi lanjutan dalam sesi berikutnya,” Ujarnya.

Lebih dari itu, Osye Anggandari berharap pada kesempatan ini juga di HUT IPPAT yang ke-33 memimpikan, dari tingkat pusat, wilayah dan daerah, IPPAT dapat menjadikan rumah yang teduh, tenang dan damai. Agar dapat bekerja pula dengan baik dan berkarya untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas. Dan khususnya di seluruh PPAT Jawa Barat, dapat menjaga dan mempunyai rasa memiliki terhadap Organisaai IPPAT ini untuk kemajuan yang kita harapkan bersama.

Ted/Red

Komentar