oleh

Buku Panduan Magang dan NPM INI Jatim

Kabarnotariat.id, Jatim – Ada hal baru terselip di dalam pelaksanaan magang bersama (maber) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Pengurus Wilayah (pengwil) Jawa Timur (Jatim), yang dilaksanakan selama 2 hari (23-24 November 2020) di hotel Novotel Samator Surabaya.

Dimana dalam sambutan pembuka oleh Ketua INI Pengwil Jatim, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., ditayangkan melalui rekaman video di setiap layar ruang semester, SAH menginformasikan mengenai telah di sediakannya buku panduan magang.

Tayangan Video Sambutan Ketuwil

“Sebenarnya buku ini bukan dibuat oleh pengwil,karena isi buku ini merupakan aturan perkumpulan”, ungkap SAH biasa disapa. Jadi pengurus Pusat (PP) INI telah menetapkan ketentuan-ketentuan tentang magang dikantor notaris maupun maber. PP INI sudah membuat juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknis (petunjuk teknis). Baik pelaksanaan di kantor  notaris maupun magang bersama. Tetapi diketahuinya masih termuat didalam buku yang diagendakan bersama- sama, dengan peraturan-peraturan lainnya. Seperti AD, ART, kode etik, peraturan perkumpulan dan peraturan lainya serta ada tambahan – tambahan terbaru dari PP INI itu masih berupa  surat-surat yang dimuat di website.

Untuk itu menurut SAH, pengwil INI Jatim membuat rangkuman berdasarkan evaluasi di  lapangan. Masih adanya kurang pemahaman yang seragam dari Pengda- Pengda maupun Notaris Penerima  Magang (NPM)mengenai bagaimana mengeluarkan surat keterangan dan bagaimana memberikan keterangan dan mengetahui sebagai tanggung jawab dari Pengda itu belum ada penyeragaman.

“Sebenarnya sudah ada juklaknya, tapi pemahaman tentang itu belum merata. Oleh karena itu kami membuat sebuah ringkasan atau rangkuman berikut surat keterangannya,” ujar SAH.  Selama ini, diakuinya INI Pengwil Jatim belum menetapkan NPM secara resmi, sehingga calon notaris masih ada yang bingung dalam mencari tempat magang dan tidak ada arahan dari  Pengwil.  Untuk itulah diterbitkan  surat keputusan daftar Notaris Penerima Magang (NPM).

Baca:  Aplikasi UTAMA BPN Surabaya 1 Urus Sertipikat Tanah dari Rumah

Dengan adanya daftar NPM ini, SAH berharap dapat memberikan kesempatan lebih banyak. Artinya daftar NPM itu sudah dapat ditemukan. Sehingga setelah lulus dan menerima ijazah, tidak bingung harus magang di mana.

Namun ditambahkannya ada kewajiban moral dari NPM untuk bersedia menampung dan diharapkan  minimal  1 NPM bisa menerima minimal 1 pesera magang dan maksimal 10 peserta dengan catatan memenuhi ketentuan pasal 7 aturan perkumpulan No 10 tahun 2018. Disana ada aturan dan syarat- syarat  untuk jadi NPM.  Ini produk terbaru dari Pengwil INI  Jatim untuk menata bidang magang dan hal -hal  yang terkait dengan  peraturan  magang.

Cetakan Buku Panduan Magang

Disamping mencetak, pengwil INI Jati berencana akan mengadakan sosialisasi dan pengarahan yang Insyaallah akan dilaksanakan pada 3 Desember mendatang, dengan mengundang semua ketua Pengda, semua NPM  yang sudah terdaftar dalam list dan bisa juga diikuti ALB. Tentunya ini sangat penting bagi yang akan melanjutkan untuk magang di kantor notaris yang  direkomandasikan. Karena problematikanya pasti ada yang sudah terlanjur magang dikantor notaris yang tidak terdaftar di list NPM. Semua ini akan ada arahan nantinya dari PP INI bagian magang akan menjadi narasumber agar bisa memberikan arahan.

Disamping itu dari Pengwil INI Jatim juga akan memberikan arahan-arahan atau petunjuk teknis hal tersebut. Kemungkinan agenda tersebut akan dilaksanakan secara virtual online zoom. Hal yang terpenting menurutnya, setelah Sk ini dikeluarkan maka akan ada pemahaman dan keseragaman untuk seluruh NPM dalam pelaksanaan magang. Karena pelaksanaan menurutnya tidak hanya sekedar magang, tetapi diharapkan NPM mengetahui silabusnya, mengetahui materi-materi yang harus diajarkan untuk semester 1 sampai dengan semester 4. Itu semua tidak bisa disama ratakan, sehingga NPM harus memberikan ilmu sesuai dengan silabus materi yang sudah ditetapkan dari kurikulumnya per semester.

Baca:  KLB IPPAT Harus Segera Dilaksanakan

DN

Komentar