oleh

Sarat Pesan Kebersamaan Dan Kepedulian

Jakarta, kabarnotariat.id – Ibadah dan Perayaan Natal Oikumene Notaris se-Indonesia dijadikan momentum keterlibatan bersama dalam menghadapi pandemi yang telah merenggut puluhan ribu jiwa di Indonesia dan Jutaan jiwa diseluruh dunia.

Walau hanya dilaksanakan melalui pertemuan virtual, Ibadah dan Perayaan Natal Oikumene Notaris se-Indonesia tetap khidmat dan mengandung pesan yang sangat mendalam akan musibah yang melanda umat manusia didunia.

Ketua Umum Perseketuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Pdt.Gomar Gultom,M.Th, dalam khutbahnya menyampaikan Kala manusia dilanda musibah seperti bencana alam yang menerjang bumi Indonesia baru-baru ini dan pandemi yang berkepanjangan menunjukkan betapa ringkihnya kehidupan kita di muka bumi. Pendeta Gultom mengajak umat kristiani agar keluar dari bayang-bayang kegelapan yang diakibatkan ulah manusia yang menjadi sebab bencana terjadi.
“Jangan hanya melakukan ibadah saja tapi tidak merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari, hari Minggu kita ‘saleh’ akan tetapi hari Senin hingga Sabtu kita Salah,hal inilah yang membuat Tuhan tidak hadir dalam diri-diri kita.” Natal adalah hadirnya Tuhan menjelma menjadi manusia.Yesus yang merasuki keseharian hidup umat manusia tidak hanya diruang-ruang ibadah tetapi di setiap relung-relung ruang kehidupan yang membuat kita umat agar mengedepankan kerendahan hati dalam berkehidupan.

Uskup pada Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo berkesempatan menyampaikan pesan Natal dengan mengambil tema “Spiritualitas Keterlibatan”, Kardinal Suharyo mengajak umat Kristus untuk berusaha melibatkan diri dalam kehidupan masyarakat semakin banyak gerakan itu semakin banyak penjelmaan Yesus menjadi manusia sesuai dengan tema Natal Nasional yang mengangkat tema “… Mereka Akan Menamakan-Nya IMANUEL.” (Matius 1:23).
“Mari kita mencari jalan dan membuka jalan-jalan baru,agar rasa syukur akan kelahiran Yesus ditengah-tengah kita bukan sekedar menjadi perayaan tetapi berubah menjadi gerakan inkarnasi spiritual.”
Spiritual inkarnasi yang bercita-cita membuat sesama kita semakin manusiawi,semakin bermatabat dan semakin dijunjung.

Baca:  Mencetak Penghafal dan Cendikiawan Al-Qur'an Sebagai Wujud Syi'ar dan Dakwah NMI
Menkominfo, Johnny G.Plate dan Ketua Umum PP INI, Yualita Widyadhari

Ibadah dan Perayaan Natal Oikumene Notaris Se-Indonesia juga dihadiri secara virtual oleh Pejabat tinggi pemerintah. Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G.Plate menyampaikan pesan Natalnya kepada peserta Oikumene Notaris Se-Indonesia. “Kita mempercayai bahwa dengan semangat tema Natal Nasional tahun ini,kita percaya bahwa Tuhan meyertai kita dalam melewati pandemi ini. “Saya mengajak seluruh Notaris Kristiani diseluruh Indonesia untuk mendukung seluruh program Pemerintah dalam menghadapai pandemi ini,terutama untuk mendukung program vaksinasi,sebagai salah jalan untuk melawan pandemi ini.”

Sementara itu Direktur Perdata Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM RI, Santun M.Siregar yang mewakili Menteri Hukum dan HAM mengajak seluruh Notaris Kristiani bersama-sama Pemerintah dan umat beragama lainnya merespon krisis ini dengan mengejawantahkan kasih Kristus dalam tindakan.”Kiranya damai sejahtera Natal semakin bermakna dan menjadi berkat seluruh umat manusia.”

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI) Yualita Widyadhari yang hadir dalam Perayaan Natal Oikumene Notaris Se-Indonesia menyampaikan di masa duka keluarga besar Notaris Indonesia atas rekan- rekan yang telah mendahului kita akibat virus Covid-19, mengajak untuk menjadikan Natal sebagai momentum mewujudkan kebersamaan dan kasih sayang sesama. “Sesuai arahan Presiden RI pada pesan Natal 2020 untuk meningkatkan kepedulian sosial,dengan kasih Tuhan untuk menolong sesama,berbagi beban dan senantiasa berbagi kesejahteraan.”
Yualita Widyadhari juga terus menyerukan semangat terus berjuang, menciptakan solusi tidak cepat menyerah dan putus asa untuk keluar dari masa sulit ini akibat pandemi.

Dalam acara Ibadah dan Perayaan Natal Oikumene Notaris Se-Indonesia ini juga dihadiri oleh para Ketua Pengurus Wilayah (Pengwil) INI, diantaranya Ketua Pengwil DKI Jakarta INI Rully Iskandar, Ketua Pengwil Jawa Barat INI, Irfan Ardiansyah dan Ketua Pengwil Banten INI Rustihana Dwi Korawan sebagai undangan.

Baca:  Sertipikat Elektronik Upaya Mengamankan Aset Negara

-ACL-

Komentar