oleh

Calon Peserta Harus Menjaga Etitute Yang Baik

Surabaya, kabarnotariat.id – Pengurus Wilayah (Pengwil) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Jawa Timur (Jatim), menunjuk INI pengurus daerah (Pengda) Surabaya menyelenggarakan seleksi Anggota Luar Biasa (ALB) untuk pertamakalinya di tahun 2021. Bertempat di hotel Kampi Surabaya (4/1), acara sukses diikuti oleh 60 peserta.

Widio Rahardjo, SH., selaku ketua panitia pelaksana (panpel)mengungkapkan bahwa dirinya telah dipercaya sebagai ketua panpel untuk yang ke-3 kalinya ini. Diakuinya tidak ada perbedaan dalam pelaksanaannya, dibandingkan dengan seleksi ALB sebelum- sebelumnya. Namun dimasa pandemi ini, yang menjadi beda adalah tetap harus menjaga dan memperhatikan protokol kesehatan serta kendala peserta saat memenuhi kelengkapan persyaratan yang dikarenakan adanya keterbatasan bertatap muka dimasa pandemi yang diterapkan Prodi tempat peserta menempuh pendidikan.

Ketua INI Pengda Surabaya, Justiana, SH.

Sementara ketua INI Pengda Surabaya, Justiana, SH., mengatakan dalam sambutannya bahwa pengda Surabaya sebagai penyelenggara yang ditunjuk oleh pengwil Jatim tidak mempersulit pendaftaran. “Kami membuka pendaftaran seluas-luasnya dengan catatan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan kali ini, lebih lanjut Justiana menjelaskan adanya temuan dari calon peserta yang mendaftar kurang bisa menunjukkan etitute yang baik. Dimana sikap dan bicaranya tidak sopan, sehingga dengan sangat terpaksa, tim panitia penyelenggara tidak bisa menerimanya. Walaupun calon peserta sudah mendaftar online dan membayarnya. Akan tetapi ada bataswaktu dan persyaratan formil yang harus dilengkapi sebagaimana yang telah diumumkan.

“Seandainya peserta tersebut bisa menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta bisa memberikan alasan-asalan yang tepat dan bisa diterima, pastinya masih dapat dipertimbangkan panitia,”jelas Justiana.

Dirinya berharap dari awal mendaftar, calon peserta seleksi ALB harus bisa menjaga sikap yang baik, menunjukkan bahwa INI adalah organisasi profesi yang terhormat. Dimana dalam menjalankan jabatan, semua berdasarkan aturan dan peraturan yang berlandaskan kebenaran. Karena Notaris adalah pejabat yang dipercaya oleh masyarakat. Untuk itu harus bisa menjaga etitute, sikap dan bicara dengan baik dan menjadi contoh bagi masyarakat.

Baca:  Buddy Setia Kembali Pimpin IPPAT Kab. Sukabumi
Ketua INI pengwil Jatim bersama para ketua Pengda

Dalam kesempatan yang sama, Ketua INI Pengwil Jatim, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., berharap apa yang menjadi tujuan dari organisasi bisa berjalan dengan baik dan dapat dilaksanakan serta memberikan manfaat bagi semuanya. “Tiada gading yang tak retak, mudah-mudahan apa yang telah disampaikan menjadi intropeksi kita semua,” terang SAH biasa di sapa.

Adapun materi pembekalan dalam acara terdiri dari materi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Perkumpulan (AD/ART INI) yang disampaikan oleh Gatot Tri Waluyo, SH., serta materi ALB, Magang dan Maber (Magang Bersama) yang disampaikan oleh ketua bidang maber INI pengwil Jatim, Dwi Rossulliati, SH.

Surprice panitia kepada pemateri Gatot Tri Waluyo yang berulang tahun

Sebagai penutup, dilaksanakan Ujian Tulis dan Ujian Lisan/ Wawancara untuk para peserta dengan arahan tim pengawas yang terdiri dari para ketua pengda di lingkungan Jawa Timur. Setelah semua peserta melaksanakan ujian tulis, mereka satu demi satu menempati ruang tim penguji, guna melaksanakan ujian lisan/wawancara terkait materi pembekalan yang telah disampaikan.

DN

Komentar