oleh

Kuota Offline Seminar Sold Out Dalam 3 Hari

Gresik, kabarnotariat.id – Pengurus daerah (Pengda) Gresik Ikatan Notaris Indonesia (INI) menyelenggarakan seminar daring/online dan luring/offline pada Rabu 17/2/2021 di hotel Horison Gresik Kota Baru. Dengan tema  Problematika dan Solusi Tentang Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) dan Kuasa serta Legalisasi.

“Sangat  dilematis bagi kami mengadakan seminar khususnya secara offline dimasa pandemi seperti ini,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana Acara, Octavia Indrasari Anggarina, SH., MKn.,  yang lebih akrab dipanggil Pipie.

Ketua panpel, ketua pengda Gresik,moderator dan pemateri

Dengan niat baik untuk meningkatkan eksistensi dan menjalankan peran organisasi bagi anggota dan masyarakat umum, maka terlaksanakan seminar kombinasi dengan jumlah peserta online 150 partisipan dan 120 peserta offline yang tetap mematuhi protokol kesehatan. Sesuai kapasitas maksimal yang diberikan hotel, dimana kuota offline terpenuhi (Sold out)hanya dalam waktu 3 hari saja.

Dasar pemikiran dan tujuan dari seminar ini, dijelaskannya, dari keprihatinan beberapa Notaris yang tersandung hukum akibat akta PPJB dan kuasa serta legalisasi yang telah dibuat. Setelah ditelaah lebihlanjut, menurutnya ada cacat prosedur yang kerap terjadi. Dikarenakan adanya kelalaian atau mungkin ketidak tahuan akibat tidak meng-update ilmu pengetahuannya di bidang kenotariatan.

Oleh karenanya dengan tema ini diharapkan seluruh peserta dapat memahami hal-hal apa saja yang sekiranya berpotensi menjadi masalah dari pembuatan akta PPJB dan kuasa serta Legalisasi. Sehingga dengan seminar ini kiranya bisa mencegah dan menghindari persoalan hukum yang tidak sepatutnya terjadi.

Daring kakantah Gresik dalam Seminar

Acara ini pun mendapatkan dukungan (Support) dari Kepala Kantor Pertanahan Kab. Gresik, DR. Asep Heri, S.H., M.H., yang mengikuti langsung secara daring dan menugaskan 10 (sepuluh) pegawainya luring mengikuti seminar ini. Putri dari Ketua INI Pengwil Jatim ini berharap moment ini Notaris/PPAT dapat terus besinergi dengan Kantah BPN Gresik dan mempunyai pemahaman yang sama terkait PPJB dan kuasa serta legalisasi ini.

Baca:  Akta Notaris Drive Thru Perlu Dipertanyakan
Petugas Kantah BPN Gresik yang ditugaskan

Selaku penanggungjawab, ketua INI Pengda Gresik, Farah Nurani Tjinong, SH., menyampaikan niat baik pengurus mengadakan seminar offline ini, untuk memfasilitasi Anggota Luar Biasa (ALB) dalam memenuhi syarat menempuh Ujian Kode Etik Notaris (UKEN). Dimana Niat baik tersebut sebenarnya telah lama direncanakan, namun karena kondisi pandemi, maka baru kali ini bisa terlaksana.

Adapun pemateri Seminar Sesi 1 mengenai Problematika Dan Solusi Tentang Perjanjian Perikatan Jual Beli dan Kuasa, dengan Nara Sumber dari Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris, DR. Anis Mohamad, SH., MH., yang dimoderatori Lolitawati, SH., MKn. Sementara Sesi 2 mengenai Problematika Dan Solusi Tentang Legalisasi, sebagai Nara Sumber, Ketua INI Pengwil Jatim, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., dengan moderator Rizki Kurniawan, SH., MKn.

DN

Komentar