oleh

Pemahaman Peserta Menjadi Tolak Ukur Tim Evaluasi

Jawa Timur, kabarnotariat.id – Magang bersama (Maber) merupakan rangkaian kegiatan yang Wajib di ikuti oleh Anggota Luar Biasa (ALB) sebelum diangkat menjadi Notaris. Sebagaimana yang telah diatur didalam Peraturan Perkumpulan (perkum) Ikatan Notaris Indonesia (INI). Pengurus Wilayah Jawa Timur (Pengwil Jatim)INI, menyelenggarakannya di hotel Novotel Samator Surabaya.

Peni Nuswantari, SH., MKn., selaku ketua Panitia Pelaksana (Panpel), melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan timnya (22/2/2021). Jumlah total Peserta semester 1 sampai semester 4, sebanyak 240 ALB.

Peserta semester 4 Maber pengwil INI Jatim

Dimana Semester 1 sebanyak 36 peserta, Semester 2 sebanyak 52 peserta, semester 3 sebanyak 71 peserta dan semester 4 sebanyak 81 peserta. Untuk waktu pelaksanaannya, dibagi dalam 2 hari. Yaitu senin, 22 Februari 2021 untuk semester 1 dan 4 kemudian selasa, 23 Februari 2021 untuk semester 2 dan 3.

Dengan kegiatan magang bersama ini, di harapkannya dapat mencetak Notaris yang dapat menjaga harkat dan martabat serta marwah Notaris sebagai pejabat publik yang dapat memberikan pelayanan hukum terhadap masyarakat yang membutuhkan.

Ketuwil Jatim SAH bersama Pemateri Habib Adjie

Sementara itu, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., selaku ketua INI pengwil Jatim meyampaikan kepada semua peserta agar dapat benar-benar melaksanakan magang dengan baik, bukan hanya sekedar formalitas saja. Agar ilmu yang disampaikan pemateri juga Notaris-Notaris Senior, dapat diserap sebaik-baiknya, untuk nanti dikemudian hari dapat melaksanakan tugasnya di masyarakat dengan baik.

“Maber ini lebih menekankan pada praktek pembuatan aktanya,”ungkap SAH. Jadi menurutnya maber itu belajar mengenai Tekniknya bukan lagi Teorinya. Tata cara dalam membuat akta itu harus dipahami karena merupakan aplikasi, ketika telah magang di kantor Notaris. Sehingga pemahamannya selama magang akan diuji dan menjadi tolak ukur tim evaluasi maber.

DN

Baca:  Efektifitas Peran MPD

Komentar