oleh

BPN Provinsi Banten Sosialisasi PerMen ATR/Kepala BPN No.1/2021 tentang Sertipikat Elektronik

Banten, kabarnotariat.id – Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan PPAT/PPATS Dan Sosialisasi Peraturan Menteri (PerMen) ATR/Kepala BPN No.1/2021 Tentang Sertipikat Elektronik.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten Andi Tenri Abeng memimpin kegiatan melalui pertemuan video daring pada Rabu (3/3/2021)

Susana kegiatan di Kanwil BPN Banten

Melalui hubungan aplikasi pesan daring WhatsApp dengan jurnalis kabarnotariat.id, Andi Tenri Abeng menjelaskan, “Kegiatan Pembinaan PPAT dan PPATS merupakan agenda rutin, Mumpung semua sudah hadir, maksimum kapasitas 1000 (seribu) sudah terlampaui, saya sekalian sosialisasikan PerMen No.1/2021 tentang Sertipikat Elektronik, supaya para PPAT/PPATS bisa menjadi agen BPN menjelaskan apa itu sertipikat elektronik yang sempat bikin heboh dan gundah masyarakat.” Pada hari Jumat (5/3/2021)

Suasana kegiatan di Kantor Pertanahan Serang

Berkenaan dengan pertanyaan jurnalis kabarnotariat.id mengenai kesiapan pelaksanaan sertipikat elektronik di wilayah Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng menjelaskan, “Kita harus siap,saat ini masih berjalan proses validasi data,kita bisa mulai dengan bertahap,data pada kelurahan/desa yang sudah siap akan kita usulkan.”

Andi Tenri Abeng juga memastikan Kedepannya berkenaan pelaksaan sertipikat elektronik di wilayah Banten tidak akan ada hambatan.

Suasana kegiatan di Kantah Kota Tangerang Selatan

Faizal Irawan, anggota Majelis Pengawas dan Pembina PPAT Daerah (MP3D) dan PPAT Kota Serang Banten yang hadir dalam kegiatan ini, kepada kabarnotariat.id, menjelaskan, “Digitalisasi sertipikat sebagai bentuk aplikasi nyata. Kekhawatiran atas data fisik dan data yuridis menjadi keniscayaan dalam sertipikat elektronik ini, pro dan kontra terhadap sesuatu hal yang baru pasti akan terjadi dan tidak bisa dipungkiri. Namun langkah nyata untuk mewujudkan data ini sebagai kesatuan langkah untuk mewujudkan BPN lebih baik wajib kita dukung sepenuhnya.”

Suasana kegiatan di Kantah Kab Tangerang

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri seluruh unsur terkait. Unsur MP3W dan Pengwil Banten IPPAT yang hadir di Kanwil BPN Banten serta unsur MP3D yang hadir di seluruh Kantor Pertanahan se- Provinsi Banten. Dan tentunya PPAT dan PPATS se-Banten. –Acil Akhiruddin

Baca:  Manfaat Sertipikat Elektronik Baru Terasa 5 - 10 Tahun Kedepan

Komentar