oleh

Mekanisme KLB IPPAT di Lombok Menuai Gugatan

Surabaya, kabarnotariat.id – Semakin dekatnya jadwal pelaksanaan kongres Luar Biasa (KLB) Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) dan telah ditetapkannya jadwal persidangan Gugatan KLB IPPAT di Lombok, “Djuli Edi & Patners” mendampingi para penggugat, mengadakan Press Release di hotel JW Marriot Surabaya (9/3/2021).

Dari pantauan kabarnotariat.id, Salah satu penggugat membacakan legal standing, mewakili para penggugat lainnya sebagai anggota IPPAT yang memiliki hak untuk menyuarakan pendapat dan kewajiban untuk menjalankan AD/ART organisasi.

Mereka (para penggugat) Sebenarnya setuju dengan KLB, sebagai bentuk kepatuhan putusan pengadilan PN Jakarta Barat (Jakbar) No.694/Pdt.G/PN.Jkt.Brt yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht). Namun tidak setuju dengan adanya penyimpangan terhadap konstitusi perkumpulan yang terjadi saat ini dalam mekanisme KLB.

Rencana KLB IPPAT di Lombok, menurut mereka, seolah-olah adalah Kongres lanjutan saja. Karena dalam surat undangan yang disampaikan telah jelas tertulis, pesertanya adalah anggota yang hadir di kongres IPPAT VII makasar. Dan agendanya putaran kedua pemilihan ketua umum PP IPPAT suara tertinggi antara Julius Purnawan dan Hapendi Harahap Serta melaksanakan pelantikan Majelis Kehormatan Pusat IPPAT.

Kedua hal tersebut ditambahkannya tidak sesuai dengan amar putusan PN Jakbar yang menyatakan hasil kongres IPPAT VII makasar dinyatakan batal demi hukum, yang artinya menurut mereka dianggap seolah-olah tidak pernah terjadi. Dengan kata lain, KLB harus melibatkan seluruh stakeholder IPPAT sebagai organisasi profesi, yakni para anggotanya.

Oleh karena itulah, para penggugat menyampaikan aspirasinya melalui gugatan terhadap KLB IPPAT di Lombok yang telah teregister perkara no.172/Pdt.G/2021/PB.Jkt.Brt.

Sementara itu, Djuli Edi Muryadi, SH., MH., selaku Kuasa Hukum Para penggugat menyampaikan,”akan lebih baik pelaksanaan KLB IPPAT di Lombok diurungkan, agar tidak menambah preseden buruk bagi perkumpulan dikemudian hari. Karena dalam gugatan, bukan hanya pelaksanaannya saja yang dibatalkan tapi juga hasil KLB tersebut.”

Baca:  Seminar Online Gratis IPPAT JATIM

DN

Komentar