oleh

Ditolak Jadi Peserta KLB Lombok, Seorang Anggota IPPAT Layangkan Gugatan

Palembang, kabarnotariat.id – Kongres Luar Biasa (KLB) Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT), kembali menuai gugatan di Pengadilan Negeri (PN) Palembang yang teregestrasi tanggal 9 Maret 2021 dengan perkara no.53/Pdt.G/2021/PN.plg.

Saat di konfirmasi (10/3/2021) Kuasa hukum penggugat, Fahmi Nugroho & Patners, membenarkan adanya gugatan salah satu anggota IPPAT Palembang yang dilayangkan ke PN Palembang tersebut. Fahmi Nugroho mengatakan,”baru kemaren (9/3/2021), kami mendaftarkan gugatannya ke PN. Palembang.”

Lebih lanjut Fahmi menceritakan,“ Klien kami yang terdaftar sebagai keanggotaan IPPAT, mendapatkan flyer via Whatt App tentang pelaksanaan KLB IPPAT di Lombok”. Lalu mendaftar sebagai peserta secara online di website: http:klb.ippat.id. dan intinya dinyatakan ditolak. Kemudian melayangkan Surat keberatan penolakan dan memohon agar bisa diterima sebagai peserta KLB IPPAT di Lombok melalui surat no. 014/FN/III/2021.

Penolakan itu menurutnya tidak sesuai dengan amanah putusan PN Jakarta barat No.694/Pdt.G/PN.Jkt.Brt. Dimana putusan menyatakan hasil kongres IPPAT VII Makasar batal demi hukum, sehingga akibat hukumnya, peserta yang hadir di kongres IPPAT VII Makasar juga dianggap tidak ada.

Selanjutnya Pengwil-pengwil diperintahkan melaksanakan KLB, yang tidak ada kaitannya dengan hasil Kongres VII Makasar dan sudah dinyatakan batal demi hukum. Oleh karena itu bukanlah Kongres Lanjutan tapi KLB yang bisa diikuti oleh semua anggota IPPAT, bukan hanya yang hadir di Kongres IPPAT VII Makasar.

ACL/DN

Baca:  UUCK Menjamin Ketahanan Pangan Nasional

Komentar