oleh

BPN Kota Tangerang Raih Penghargaan Role Model Unit Pelayanan Masyarakat Golongan Rentan Dan Berkebutuhan Khusus

Tangerang, kabarnotariat.id – Kantor Pertanahan Kota Tangerang mendapat penghargaan sebagai Role Model unit Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan/Berkebutuhan khusus.

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara/Reformasi Birokrasi (MenPAN/RB), penghargaan tersebut diterima oleh Menteri ATR/Kepala BPN (diwakilkan oleh Sekjen Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto) sebagai pembina pelayanan publik ramah Kelompok Rentan dan Berkebutuhan Khusus pada Selasa (9/3/2021) di Kementerian PAN/RB.

Jurnalis kabarnotariat.id berkesempatan melakukan liputan di Kantor Pertanahan Kota Tangerang,Banten dan diterima langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Mujahidin.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang, Mujahidin, di Ruang Kerjanya

Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang yang didampingi oleh Kasubbag Tata Usaha menjelaskan,” Instruksi kami di jajaran Kantor Pertanahan adalah melayani seluruh lapisan masyarakat, seiring berjalannya waktu kami menyadari ada beberapa golongan masyarakat yang belum tersentuh yaitu golongan masyarakat Rentan dan yang berkebutuhan khusus.”

Kami memberikan pelayanan “red carpet” dengan menyiapkan infrastruktur penunjang dengan segala kekhususan dan kemudahan, mereka tidak antri langsung masuk langsung dilayani di loket khusus sehingga mereka golongan masyarakat rentan dan berkebutuhan khusus merasa nyaman.

“Bukan berarti kita menyediakan layanan khusus bagi golongan masyarakat rentan dan kebutuhan khusus saja, tapi masyarakat yang lain terabaikan, ada prioritas utama terhadap golongan ini seluruh usaha kita lakukan untuk menunjang pelayanan terutama untuk golongan Rentan dan berkebutuhan khusus,”Jelas Mujahidin di ruang kerjanya pada Senin (22/3/2021).

Selanjutnya Mujahidin menjelaskan, untuk menunjang pelayanan terhadap masyarakat golongan Rentan dan berkebutuhan khusus Kantor Pertanahan Kota Tangerang telah menyiapkan segala infrastruktur penunjang seperti kursi roda, tongkat sebagai alat bantu berjalan, parkir khusus, toilet khusus dan tentunya jalur tangga khusus.

“Petugas kami akan siap dan sigap melayani golongan masyarakat ini mulai dari pintu gerbang masuk hingga guidence kami di loket khusus.”Tutur Mujahidin yang juga pernah menjabat Kepala Kantor Kota Jambi.

Baca:  Pemahaman Peserta Menjadi Tolak Ukur Tim Evaluasi
Loket Khusus Kantor Pertanahan Kota Tangerang Bagi Masyarakat Golongan Rentan Dan Berkebutuhan Khusus

Kasubbag TU Sandra menambahkan, sejak tahun lalu (2020-red) Kantor Pertanahan Kota Tangerang telah mengadakan dan mempersiapkan infrastrukturnya. “Tangga khusus, toilet, parkir khusus telah kita siapkan sejak tahun lalu, kemudian kita juga mempersiapkan loket khusus untuk melayani masyarakat berkebutuhan khusus dan rentan, demikian juga persiapan akan SDM-nya.” Jelas Sandra

Terkait penghargaan yang diterima Kantor Pertanahan Kota Tangerang, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten Andi Tenri Abeng memberikan apresiasi khusus atas pencapaian ini.

“Jajaran Kami selalu berupaya untuk melakukan peningkatan kualitas layanan publik di segala aspek pelayanan. Kami berkomitmen melayani, profesional dan terpercaya menuju BPN Banten Kini Memang Lebih Baik.” Ucap Andi Tenri Abeng.

Andi Tenri Abeng berharap Kantor Pertanahan Kota Tangerang dapat menjadi contoh Kantor Pertanahan lainnya di Provinsi Banten.

Atas apresiasi dari kepala kantor wilayah provinsi Banten, Mujahidin sangat berterima kasih atas apresiasi dari kepala kantor wilayah provinsi Banten.
“Kami sangat berterima kasih dan bersyukur atas apresiasi ini walaupun penghargaan ini bukan tujuan utama kami, tujuan utama Kami adalah memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat.”

“Goals kami adalah meminimalisir kuasa pemohon. Harapan kami pemohon bisa langsung datang ke Kantor Pertanahan sehingga kami bisa langsung menjelaskan bila ada kendala yang dihadapi, dan sudah tentu akan mengurangi biaya karena bila memakai jasa kuasa jelas ada biaya tambahan di dalamnya,” Harap Mujahidin menutup keterangannya.

-Acil Akhiruddin-

Komentar