oleh

BPN Kota Bogor Raih Dua Penghargaan Pelayanan Publik Tingkat Nasional Dari Kementerian PAN & RB

Bogor, kabarnotariat.id – Tahun 2020 merupakan tahun gemilang bagi BPN Kota Bogor atas pencapaian prestasi meraih penghargaan terkait pelayanan publik. Dua penghargaan ini diberikan oleh Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara reformasi birokrasi (Kemen PAN-RB), penghargaan tersebut adalah Pertama, 3 besar dalam kompetisi Pengelolaan pengaduan Pelayanan publik terbaik tahun 2020 dan kedua, BPN Kota Bogor dinobatkan sebagai Pemenang Penyelenggara Pelayanan Publik Dengan Kategori Sangat Baik.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri PAN/RB Tjahjo Kumolo pada Selasa (9/3/2021) lalu di Hotel Ritz Carlton, Jakarta kepada Kepala Kantor Pertanahan Kota Bogor Ery Juliani Pasoreh.

Jurnalis kabarnotariat.id berkesempatan melakukan peliputan di Kantor Pertanahan Kota Bogor,Jawa Barat untuk melihat segala aspek pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Bogor, langsung diterima oleh Kepala Kantor Pertanahan Kota Bogor Ery Juliani Pasoreh pada Kamis (25/3/2021).

“Kota Roma Tidak Dibangun Dalam Semalam” mengutip pepatah tersebut Ery Juliani Pasoreh membuka perbincangannya dengan kabarnotariat.id. “Kita membangun sejak 2018 telah mendaftarkan seluruh bidang,2019 menyelesaikan seluruh pendaftaran bidang lalu 2020 seluruh bidang dipetakan,nah selama tiga tahun ini kita menganalisa apa sih yang dibutuhkan masyarakat kemudian kita menjalankan visi dan misinya Kementerian ATR/BPN untuk menjalankan pelayanan yang berbasis elektronik,dalam rangka itulah kita mengembangkan pelayanan secara elektronik.”

Selanjutnya Ery Juliani Pasoreh mengatakan selama 3 tahun inilah Kantor Pertanahan Kota Bogor merasakan hasilnya. “Kita sudah mencapai titik ini maka yang paling penting adalah menjaga keberlanjutan,ini sangat penting.”

Pendaftaran,Pemetaan dan pengukuran bidang telah selesai dilakukan tinggal hal-hal pendukung saja yang harus dibenahi. “Saya optimis kedepan segala hal hanya meneruskan saja dan jangan dirubah sistim ini, menyangkut pelayanan Kota Bogor sudah berbasis elektronik yang sangat memudahkan masyarakat.”

Baca:  Penguatan Hak Pengelolaan Pasca UU Cipta Kerja di Bandung

Menyinggung soal Sarana dan prasarana pendukung, Ery Juliani Pasoreh yang pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Pertanahan Kota Banjar,Jawa Barat menjelaskan,”Kami baru merenovasi loket pelayanan tahun 2019 kedepan mungkin kita bisa mengaplikasikan design baru yang kekinian,hybrid tidak ada lagi manual.”

Untuk menjadi yang terbaik hingga mendapat apresiasi dari lembaga lain, ada beberapa hal yang harus disamakan.” Pertama kita harus merubah mindset, dan yang pertama yang harus memiliki mindset baik adalah pimpinannya dulu, pimpinan adalah role model yang akan menjadi contoh jajaran dibawahnya, samakan mindset dulu baru kita akan bisa maju.”

Selanjutnya Ery Juliani Pasoreh menekankan untuk jangan pernah berpikir melakukan sesuatu pola penyimpangan seperti pungutan, terima setoran dll. “Kalau mindset sudah menyatu dan sejalan maka kedepannya tidak akan sulit untuk membangun terutama membangun pelayanan publik berkelas.”

Menutup perbincangannya, Ery Juliani Pasoreh yang didampingi Kasubbag Tata Usaha Budyasih menuturkan,”Penghargaan ini adalah legacy bagi seluruh jajaran Kantor Pertanahan Kota Bogor, saya berharap terkait pelayanan dapat dipertahankan dan tentunya terus ditingkatkan, dan saya berharap Kantor Pertanahan Kota Bogor menjadi contoh bagi Kantor Pertanahan lainnya di seluruh Indonesia.”

Kepala Kantor Pertanahan Kota Bogor, Ery Juliani Pasoreh (kedua dari kiri) bersama jajaran, berfoto dengan penghargaan dari Kementerian PAN & RB

Untuk diketahui, BPN Kota Bogor menjalani proses seleksi yang sangat ketat dan berjenjang untuk mengikuti kompetisi ini. Pada penghargaan pertama yaitu PENGELOLA SISTIM PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK TERBAIK 2020, BPN Kota Bogor berkompetisi dengan 439 Instansi dan Lembaga Negara,hingga terjaring 15 teratas Instansi/Lembaga, dari 15 teratas dinobatkan 3 besar terbaik Unit Pengelola Pelayanan (UPP) untuk kategori “Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2020” bersama RSUD Prof.Dr. Margono Soekarjo, Purwokerto dan Direktorat Perbendaharaan, Kementerian Keuangan. Penghargaan ini diberikan langsung oleh MenPAN&RB Tjahjo Kumolo pada (25/11/2020).

Baca:  Rapat Kerja Wilayah dan Halal Bil Halal IKA UII DPW Banten

Dan untuk penghargaan kedua BPN Kota Bogor menjadi Pemenang PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK DENGAN KATEGORI SANGAT BAIK, sebagai wakil dari Kementerian ATR/BPN yang berkompetisi dengan 56 Kementerian dan Lembaga Pemerintah. Kantor Pertanahan Kota Bogor sebelum mengikuti kompetisi ini terlebih dahulu mengikuti seleksi di internal Kementerian ATR/BPN yang terdiri dari 8 Kantor Pertanahan yaitu, Kantor Pertanahan Kota Batam, Kota Bogor,Kota Denpasar,Kota Magelang,Kota Surabaya I, Kota Tangerang,Kabupaten Magelang, dan Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan. Kantor Pertanahan Kota Bogor terpilih dari seleksi ini untuk mewakili Kementerian ATR/BPN sebagai peserta Kompetisi Pelayanan Publik Tahun 2020 yang diselenggarakan Kementerian PAN &RB. Penghargaan diberikan oleh Menteri PAN & RB pada Selasa, (9/3/2021).

Atas pencapaian ini, Sekjen Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto mengucapkan syukur dan terima kasih atas penghargaan pelayanan publik dengan predikat sangat baik yang diraih oleh Kantor Pertanahan Kota Bogor. “Saya ucapkan selamat untuk Kepala Kantor dan jajarannya atas prestasi yang telah diraih, dan ini bisa diharapkan menjadi inspirasi kantor lain untuk meningkatkan pelayanan publik,” tuturnya.

-Acil Akhiruddin-

Komentar