oleh

Rakernas Kementerian ATR/BPN 2021 Resmi Dibuka

Jakarta, kabarnotariat.id – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2021 Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) resmi dibuka pada Selasa (6/4/2021). Rangkaian kegiatan dimulai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU antara Kementerian ATR/BPN dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT RNI (Persero), Perum BULOG, Perum Pembangunan Perumahan Nasional, Perum Percetakan Uang Republik Indonesia, serta Pemberian Hibah Sarana Kerja dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Rakernas, Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil menyampaikan rasa bangganya kepada insan ATR/BPN di seluruh Indonesia yang telah bekerja sama untuk memajukan Kementerian ATR/BPN. Sehingga saat ini, pemerintah beserta para pemangku kepentingan telah mengakui “ATR/BPN Kini Lebih Baik”.

Suasana Pembukaan Rakernas Kementerian ATR/BPN

“Semua achievement, semua capaian ini adalah capaian Saudara-Saudara sekalian. Saya kadang diminta menerima awards, penghargaan dari lembaga lain, saya merasa risih, saya tidak berhak, yang berhak adalah Saudara-Saudara sekalian. Saya sangat bangga kepada seluruh insan ATR/BPN yang telah bekerja dengan baik sekali,” ujarnya.

Seiring dengan perbaikan dalam hal pelayanan, Kementerian ATR/BPN juga memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mengutamakan kemampuan dan prestasi. “Ayo sama-sama kita tingkatkan terus kualitas. Kalau terus kualitas ditingkatkan, akan menciptakan administrasi pertanahan yang lebih baik,” tegas Sofyan A. Djalil.

Selanjutnya, dengan menerapkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UUCK), Kementerian ATR/BPN akan mengalami banyak perubahan paradigma ke arah yang lebih baik. Sebab, esensi UUCK di antaranya mengurangi regulasi, komplikasi, hingga panjangnya mata rantai dalam layanan publik.

“Ini sudah tradisi birokrasi kita. Dan saya pikir harus mindset change, UUCK menyederhanakan masalah tanpa mengurangi substansi. Waktu sangat sedikit, kita bersaing ke seluruh dunia yang bergerak sangat cepat. Kualitas sudah lebih baik, pelayanan kita semakin hari semakin baik, PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) makin baik,” papar Menteri ATR/Kepala BPN.

Baca:  Sinergitas Langkah DJKI Menuju 'The Best IP Office in The World'

Turut hadir dalam pembukaan Rakernas, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra; Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto; Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian ATR/BPN, Sunraizal; dan Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah (PHPT) Kementerian ATR/BPN sekaligus Ketua Panitia Rakernas, Suwito. Kegiatan Rakernas berlangsung secara luring dan daring pada 5 s. d. 8 April 2021.

-Acil Akhiruddin-
(Rilis Biro Humas Kementerian ATR/BPN)

Komentar