oleh

Bakti Sosial IPPAT Peduli Bencana Gempa Malang Jawa Timur

Malang, kabarnotariat.id – Pengurus Pusat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP IPPAT) periode 2021 – 2024 menggelar Bakti Sosial ke lokasi bencana alam gempa bumi di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu, 1 Mei 2021.

Dengan mengambil titik kumpul di hotel Atria Malang, Rombongan yang terdiri dari PP IPPAT, beberapa Pengurus daerah (pengda) Malang raya meliputi pengda Kota Malang, pengda Kabupaten Malang dan pengda kota Batu serta para anggota IPPAT yang hadir berpartisipasi dari berbagai daerah di Jawa Timur. Mereka melakukan perjalanan menuju lokasi terdampak bencana Gempa yang telah terjadi Sabtu siang, 10 april 2021 lalu.

Berdoa bersama sebelum menuju Lokasi terdampak Bencana Gempa Malang

Ketua Umum PP IPPAT, Dr. Hapendi Harahap, SH., MH, menyerahkan bantuan berupa uang dari donasi seluruh anggota IPPAT di Indonesia, diserahkan langsung kepada Plt Camat Sumbermanjing Wetan, Agus Harianto, yang mewakili warga, di Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang terdampak bencana gempa bumi tersebut.

Hapendi Harahap menyatakan bantuan yang dihimpun dari donasi para anggota IPPAT se-Nusantara ini, diharapkan bisa meringankan beban masyarakat terdampak bencana alam. “Kami berharap, bantuan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat terdampak bencana dan membantu pemerintah setempat dalam melaksanakan program pemulihan paska terjadi bencana gempa bumi”, kata Hapendi.

Simbolis Penyerahan Bantuan

Lebih lanjut Hapendi Harahap mengungkapkan bakti sosial bertajuk “Bakti Sosial IPPAT Peduli” juga akan digelar di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada hari minggu, 2 mei 2021, yang diterjang bencana banjir bandang beberapa waktu lalu.

Bakti Sosial ini menurutnya merupakan salah satu progam prioritas PP IPPAT, sebagai wujud kepedulian perkumpulan terhadap sesama. “Kegiatan bakti sosial menumbuhkan rasa empati dan simpati para anggota perkumpulan, dan akan didorong ke seluruh Pengwil dan Pengda IPPAT, agar menggelar aksi serupa jika di wilayah kerjanya terjadi bencana alam”, ungkap sosok yang biasa dipanggil HH tersebut.

Baca:  Pengwil Banten INI-IPPAT Selenggarakan Santunan Yatim Piatu dan Lomba MTQ

Usai menyerahkan bantuan, Ketua Umum PP IPPAT, Hapendi Harahap bersama rombongan meninjau lokasi rumah-rumah warga yang terdampak gempa di sejumlah desa di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

HH sempat berbincang-bincang dengan sejumlah warga dilokasi dan menyampaikam simpati untuk para korban yang didampingi Plt Camat Sumbermanjing Wetan beserta tokoh masyarakat setempat.

HH Bersama Warga terdampak Bencana

Gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Malang, Sabtu siang itu (10/4/2021), berkekuatan 6,1 SR. Dengan Pusat gempa berada di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang dan kedalaman 25 kilometer, telah merusak ribuan (6.619) unit rumah, fasilitas umum, bangunan sekolah dan tempat peribadatan di 29 Kecamatan dengan rusak berat maupun ringan.

Sejumlah wilayah yang terdampak kerusakan paling parah terjadi diantaranya kecamatan Sumbermanjing, Dampit, Poncokusumo, Tirtoyudo dan Jabung. Gempa itu juga mengakibatkan 4 orang warga meninggal dunia dan puluhan warga terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

DN

Komentar