oleh

Patuhi Jangka Waktu Maber Sesuai Perkum

Surabaya, kabarnotariat.id – Masih dalam suasana Idul Fitri, Pengurus Wilayah Jawa Timur (pengwil Jatim) Ikatan Notaris Indonesia (INI) menyelenggarakan kegiatan Magang Bersama (maber) untuk periode ke-2 di bulan Mei tahun 2021, yang dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Mei 2021 di hotel Novotel Samator Surabaya.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel), Peni Nuswantari, SH., MKn., mengatakan, maber kali ini di ikuti oleh total 109 peserta yang telah lulus verifikasi dengan rincian semester 1 sejumlah 27 peserta, semester 2 dengan 30 peserta, semester 3 sejumlah 35 peserta dan semester 4 sebanyak 17 peserta. Masing masing semester menempati ruang/kelas yang berbeda-beda dengan materi yang berbeda-beda pula.

Cinderamata Pemateri dari panitia

Dimana semester 1 dengan pemateri Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., memaparkan materi tentang Administrasi Perkantoran Notaris Manajemen Kantor, Protokol. Sedangkan DR. Erna Anggraini, SH., menjelaskan tentang Kode Etik Notaris dan Dwi Rossulliati, SH., menyampaikan materi tentang Dasar Tehnik Pembuatan Akta. Dilanjutkan Pemateri Rosida, SH., menerangkan tentang Tehnik Pembuatan Akta Yang Ada Hubungannya dengan Hukum orang dan keluarga, pembuatan akta wasiat, akta penyimpanan, akta perjanjian kawin.

Sementara Semester II Pemateri : Dr. Diah Aju Wisnuwardhani, SH., M.Hum., dengan materinya Tehnik Pembuatan Akta Perikatan I dan Dr. A.A. Andi Prajitno, SH., MKn., dengan materi Tehnik Pembuatan Akta Perikatan II.

Pemberian Cinderamata untuk Pemateri

Untuk Semester III, Gatot Triwaluyo, SH., MKn., menyampaikan materi tentang Tehnik Pembuatan Akta Perbankan. Lalu Dr, Endang Sri Kawuryan, SH., M.Hum., dengan Tehnik Pembuatan Akta Pertanahan dan Wahyudi Suyanto, SH., M. Hum., secara online memaparkan materi tentang Tehnik Pembuatan Akta Tentang Inbreng dan Akta Pembagian Hak Bersama.

Di Semester IV, Dr. Habib Adjie, SH., M.Hum., menyampaikan materi Tehnik Pembuatan Akta : Badan-Badan Hukum atau Lembaga Lain. Dilanjutkan Machmud Fauzi, SH., dengan materi Tehnik Pembuatan Akta Terkait Pewarisan dan Wimphry Suwignjo, SH., tentang Tehnik Pembuatan Akta Perseroan Terbatas.

Baca:  Seminar Pengwil Jawa Barat INI , "QUO VADIS JABATAN NOTARIS???" Antara Peraturan dan Pelaksanaannya
Pemateri semester IV, Ketuwil INI jatim dan Panpel

Ketua Pengwil Jatim INI, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., dalam sambutannya melalui Slide video di setiap kelas semester tersebut menyampaikan bahwa para Anggota Luar Biasa (ALB) dapat mengikuti Maber, apabila sudah memenuhi jangka waktu yang sudah ditetapkan dalam peraturan perkumpulan (perkum). Hal ini menurutnya harus dipatuhi, dipenuhi dan dipahami serta jujur dalam arti jika belum genap masa magang tersebut, diharapkan tidak mengikuti maber. Baik di pengwil Jatim maupun di pengwil-pengwil yang lain, karena akan merugikan peserta itu sendiri.

Di contohkannya, jika peserta mengikuti maber di satu pengwil, kemudian sebelum genap jangka waktunya mengikuti lagi maber di pengwil lain, mungkin bisa lolos ikut maber. Akan tetapi pada masa akhir maber, pada saat akan mengikuti Ujian Kode Etik Notaris (UKEN), disitulah nanti akan menemukan hambatan-hambatan.

Sambutan dari Ketuwil INI Jatim

Kenapa harus di patuhi? Karena menurutnya sudah ada sistem yang di buat oleh PP INI, sehingga jika tidak bisa memenuhi masa magang, maka akan di tolak. Hal itu juga akan berpengaruh pada saat akan mengikuti PPKJN (Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris).

Kedepan Pengwil Jatim INI, menurut SAH, berkeinginan membuat program untuk menghitung masa/jangka waktu maber peserta. Dengan tujuan, supaya ALB peserta maber tidak rugi di waktu. “Jadi otomatis ketika kita akan membuat google form tentang pendaftaran, disitu langsung sudah mengisi jangka waktu dari mulai maber 1,2,3 dan 4. Karena biasanya, kita hanya mengetahui jangka waktu itu dari maber sebelumnya saja.” Pungkasnya.

DN

Komentar