oleh

Materi Maber Jabar Tekankan Upgrade Ilmu Sesuai Perkembangan Kenotariatan

Bandung, kabarnotariat.id – Pengurus Wilayah Jawa Barat (pengwil Jabar) Ikatan Notaris Indonesia (INI) menyelenggarakan kegiatan rutin “Magang Bersama” (maber), pada tanggal 28 Mei 2021, yang digelar di Grandia Hotel, Jalan Cihampelas, Kota Bandung.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) maber Pengwil Jabar INI, Heratih Adiebah,SH.,MKn., mengatakan bahwa pelaksanaan maber kali ini persiapannya intens selama dua minggu. Akan tetapi sebelumnya, sudah satu bulan persiapannya. Bahkan Kegiatan maber ini sudah sesuai dengan Protokol covid, ditambah dengan surat keterangan bebas covid atau antigen. Peserta yang hadir tercatat 95 peserta Anggota Luar Biasa (ALB).

Peserta Maber

Ditambahkannya, tahapan materi sesuai dengan masing-masing Semester Peserta maber, menjadi 4 ruangan, terdiri dari semester 1 ,2,3 dan 4. Sebagaimana dengan aturan dan intruksi PP INI. Bahkan waktunyapun tidak menambah dan tidak mengurangi. Semuanya tepat waktu sesuai dengan aturan yang sudah di tetapkan.

Adapun materi-materi yang disampaikan diantaranya: kode etik, managemen kantor, Hukum keluarga, Hukum waris, TPA perjanjian dan TPA lembaga dan non lembaga dan sebagainya. “Tentunya saya berharap, mudah-mudahan peserta maber semuanya bisa meresap penjelasan ilmu-ilmu dari para pemateri”,ujarnya.

Kegiatan Maber tersebut diikuti mayoritas dari Jawa Barat, akan tetapi di luar Jabar pun ada yang mengikutinya di Periode Maber Mei 2021 ini.

Hadir Ketua Pengwil Jabar INI, H.Irfan Ardiansyah. SH. LLm. SpN, Sekretaris Umum Ana Wismayanti. SH, Bendara Umum Icha Adiba. SH dan Ketua Panitia Magang Bersama Heratih Adiebah, SH. MKn serta beberapa pengurus Pengwil INI lainnya.

sambutan ketua pengwil Jabar INI

Sementara itu dikesempatan yang sama, ketua INI Jabar Irfan Ardiansyah, SH, LLM.,SPN mengakui bahwa dengan sistem pelaksanaan maber pola penempatan kelas per semester itu, merupakan pelaksanaan maber yang ke beberapa kali dilaksanakan dimasa pandemi ini. “Dengan demikian, peserta bisa lebih fokus belajar sesuai dengan tahapan-tahapan semester yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Baca:  Kementerian ATR/BPN Komitmen Selesaikan Sengketa dan Konflik Pertanahan

Menurut Irfan terkait materi magang yang disampaikan tetap mengacu pada ketetapan yang sudah digariskan oleh PP INI. Hanya saja memang, di Jawa Barat di sesuaikan dan diseimbangkan sesuai dengan perkembangan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku saat ini.

“Artinya kita tekankan kepada para pemateri agar update ilmu sesuai perkembangan ilmu kenotariatan yang ada. Dan lagi para pemateri juga sudah ada mentor nya masing-masing,” tandas Ketua Pengwil Jabar INI. Dirinyapun berharap, semua peserta magang ini kedepan bisa lulus semua menjadi Notaris.

Ted/Red

Komentar