oleh

Golfing and Giving IKA UII

Serpong, kabarnotariat.id – Sebanyak 144 peserta beradu kemampuan dalam Turnamen Golf bertajuk Golfing and Giving yang diinisiasi Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (DPP IKA UII) di Lapangan Golf Damai Indah BSD Tangerang Selatan, Banten, pada Sabtu lalu (29/5/2021).

Turnamen Golf ini juga didukung oleh Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Keluarga Alumni UII (DPW IKA UII) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Dibuka secara resmi oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H, M.H. yang juga merupakan Ketua DPP IKA UII. Muhammad Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Dr. Ari Yusuf Amir S.H. MH selaku Sekretaris Jenderal DPP IKA UII, Budi Satria, SH, MM selaku Ketua Turnamen Golf DPP IKA UII 2021 dan Budiarsa Sastrawinata selaku Managing Director Ciputra Group.

Turnamen Golf yang terbuka untuk seluruh peserta pemain golf amatir ini, diselenggarakan sebagai ajang silaturahmi para alumni UII, profesional dan pebisnis. Dengan tujuan untuk menggalakkan gerakan hidup sehat dan juga misi sosial. Yakni pemberdayaan ekonomi bagi para pelaku usaha kecil yang terkena dampak di masa pandemi COVID-19.

Ketua DPW Provinsi Banten IKA UII Peni Inggraini, Sekretaris Faizal Irawan dan Bendahara Alfaraby Angkat

Ketua DPP IKA UII, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H, M.H mengatakan, “turnamen golf ini memiliki tujuan mulia sebagai bentuk tanggung jawab kita sebagai alumni UII, yang merupakan perguruan tinggi nasional tertua di Republik Indonesia. Dengan mengusung entitas nilai dan spirit keislaman tersebut, menyadarkan kita bahwa dalam setiap aktivitas terdapat tanggung jawab sosial keumatan yang mesti diemban”.

Peserta yang berhasil lakukan Hole in One mendapatkan sejumlah hadiah seperti, Toyota Lexus UX 300E SUV Electric, Toyota Camry, Toyota Fortuner, sejumlah Uang USD 20.000, serta Grand Prize PIAGGIO Vespa GTS LX 150. Hole in one sendiri adalah sebutan memasukkan bola ke hole atau lubang dalam satu pukulan.

Baca:  BPN Kota Tangerang Raih Penghargaan Role Model Unit Pelayanan Masyarakat Golongan Rentan Dan Berkebutuhan Khusus

Budi Satria, SH, MM selaku Ketua Turnamen Golf DPP IKA UII 2021 mengatakan, Turnamen Golf ini menjadi turnamen pertama yang diselenggarakan oleh DPP IKA UII. Yang sebelumnya, turnamen ini diselenggarakan oleh DPW IKA UII DKI Jakarta.

“Dengan jumlah peserta yang mencapai angka 144 ini, saya semakin optimis kegiatan Turnamen Golf ini dapat menjadi contoh bagi DPW IKA UII yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan Turnamen Golf yang serupa atau bahkan dapat lebih baik dengan memberikan dampak positif bagi seluruh lapisan masyarakat,” tandasnya.

Dengan mengusung misi sosial berdayakan ekonomi pelaku usaha kecil, melalui gelaran Turnamen Golf bertajuk Golfing and Giving, telah berhasil mengumpulkan sebagian dana dari pihak sponsorship, sehingga dapat terkumpul 1900 paket sembako yang telah dibagikan untuk masyarakat pelaku ekonomi kecil, fakir miskin, dan anak yatim piatu pada Senin, 10 Mei 2021 yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, serta Jawa Tengah.

Tee Off (Golf pukulan awal) Bersama

Dengan mengingat masih banyak yang membutuhkan, maka DPP IKA UII masih akan kembali melanjutkan pemberian bantuan tahap kedua. Selain sembako, bantuan yang akan didistribusikan juga berupa santunan yatim piatu dan lansia, serta paket data internet untuk anak-anak sekolah yang membutuhkan.

Sementara itu Menko Polhukam yang juga Ketua Dewan Penasihat IKA UII, Prof. Mahfud MD, dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan berbagi pada masyarakat merupakan karakter dasar dari Ikatan Keluarga Alumni UII. “Donasi yang terkumpul dipastikan akan tersalur ke masyarakat yang membutuhkan,” tegas Mahfud MD.

Selain itu hadir pula Menteri BUMN, Erick Thohir, yang menyebut bahwa aksi-aksi “giving” yang dilakukan IKA UII sangat “inspiring” apalagi karena dilakukan di masa pandemi.

Baca:  Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-76, Pengda Kabupaten Karawang INI Selenggarakan Seminar  Online

Erick Thohir juga menyebut pemerintah dalam hal ini kementerian BUMN akan terus mendukung aksi penggalangan bantuan untuk masyarakat. “Kalau golfing doang enggak, tapi kalau giving kita dukung,” Tegas Erick.

Semangat yang ditunjukkan peserta melalui turnamen golf bertajuk Golfing and Giving ini menjadi komitmen kita bersama untuk kembali bangkit dan berjuang di masa krisis pandemi COVID-19. Bahkan, melihat antusiasme yang sangat tinggi dari para stakeholder yang telah berkontribusi dalam misi sosial ini, dan juga jumlah peserta turnamen golf yang tinggi menjadi tolok ukur kesuksesan DPP IKA UII dalam menyelenggarakan turnamen golf serupa di tahun berikutnya.

“Hal ini menjadi komitmen kita bersama untuk memantau kegiatan positif seperti kegiatan turnamen golf dan aksi sosial bertajuk Golfing and Giving ini, sehingga kita dapat mengevaluasi agar lebih baik dan dapat menyelenggarakan kembali kegiatan serupa di tahun-tahun berikutnya,” tutup Ketua DPP IKA UII, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H, M.H.

Tentang Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII)

Organisasi Alumni UII atau yang lebih dikenal dengan nama Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (DPP IKA UII), adalah sebuah wadah berkumpulnya para alumni Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, antar fakultas dan juga lintas angkatan.

Lahirnya Keluarga Alumni juga dilatar belakangi oleh adanya dorongan kuat untuk saling membantu sesama alumni, serta rasa tanggung jawab para alumni untuk ikut membina dan membangun almamaternya.

Ketua Umum DPP IKA UII saat ini adalah Prof. Dr. Syarifuddin, S.H., M.H. yang juga merupakan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia. Sementara Sekretaris Jenderal DPP IKA UII adalah pengacara senior, Dr. Ari Yusuf Amir, S.H., M.H.

Baca:  Pengda Kabupaten Bekasi IPPAT, Menjaga Komitmen dan Konsisten Dalam Kepedulian Sosial

-Acil Akhiruddin-

Komentar