oleh

Pembina Yayasan Meninggal Sementara Masa Jabatan Pengurus dan Pengawas Expired

Jombang, kabarnotariat.id – Notaris/PPAT Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, Indra Iswara.S.H.,M.Kn., memberikan keterangannya sebagai saksi ahli di persidangan Pengadilan Negeri (PN) Jombang dengan registrasi perkara nomor: 89/Pdt.P/2021/PN.Jbg, pada hari Kamis, 3 Juni 2021 mengenai kondisi pada Yayasan, dimana Organ Pembina meninggal sementara masa jabatan Pengurus dan Pengawas Expired.

Diterangkannya Yayasan tersebut akan melakukan perubahan susunan Pembina, Pengurus dan Pengawas. Maka mekasnismenya adalah sebagai berikut :

  1. Meminta kepada Majelis Hakim akan Penetapan PN terkait aktivasi atau mengangkat Kembali jabatan Pengurus dan pengawas yang telah Expired ;
  2. Membuat akta Perubahan Anggaran Dasar (AD) Yayasan Di dalam kasus tersebut Seperti halnya badan hukum lainnya. Yayasan memiliki perangkat atau organ-organ. Pengurus merupakan organ yang mewakili Yayasan, baik di luar pengadilan maupun di dalam pengadilan. Kecuali dalam hal sebagaimana disebutkan Pasal 36 ayat (1), yaitu pengurus yang bersangkutan bersengketa dengan Yayasan itu sendiri atau memiliki kepentingan yang bertentangan ataupun Pasal 37 Undang-Undang Yayasan.

 Bagaimana dengan perubahan pembina?

Wajib lapor kepada Menteri. Pelaporan kepada Menteri atas perubahan atau penggantian pembina telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (No. 63 Tahun 2008 yg telah diubah dengan PP No. 2 Tahun 2013 – PP Yayasan).

Dalam hal ini, perubahan pejabat organ-organ yayasan dikategorikan sebagai perubahan data yayasan (Pasal 19 PP Yayasan). Dalam hal terjadi pergantian seluruh anggota pembina secara bersamaan dengan anggota kepengurusan, maka mekanismenya harus dilakukan secara benar. Artinya, jangan sampai kepengurusan baru diangkat oleh pembina baru.

Kalau kepengurusan baru diangkat oleh anggota pembina baru, maka kepengurusan tersebut tidak sah karena menurut ketentuannya, perubahan data yayasan tidak akan diterima kalau dilakukan oleh anggota organ yang belum didaftarkan (dilaporkan) kepada Menteri;

Baca:  PD Notaris Oikumene Immanuel Jatim Rayakan Natal

Pasal 19A PP Yayasan: Menteri hanya dapat menerima perubahan AD dan/atau perubahan data Yayasan yang dilakukan oleh anggota organ yang telah diberitahukan kepada Menteri. Ketika seluruh anggota pembina dinyatakan diberhentikan dengan hormat dan diberi pembebasan (acquit et decharge), hal ini menyebabkan yayasan tidak memiliki pembina sama sekali.

Secara demi hukum, detik itu juga terjadi kekosongan pembina. Dalam hal terjadi kekosongan pembina, maka UU Yayasan telah menetapkan bahwa pengurus dan pengawas harus mengangkat pembina baru (Pasal 28 ayat (4) UU Yayasan). Dalam hal Yayasan karena sebab apapun tidak lagi mempunyai Pembina, paling lambat dalam waktu 30 hari terhitung sejak tanggal kekosongan, anggota Pengurus dan anggota Pengawas wajib mengadakan rapat gabungan untuk mengangkat Pembina.

Ketika pengurus dan pengawas mengangkat pembina yang lama, maka pembina yang baru tersebut pun tidak akan sah kalau yang mengangkatnya adalah pengurus dan pengawas baru yang belum dilaporkan kepada Menteri. Dalam hal Yayasan karena sebab apapun tidak lagi mempunyai Pembina, paling lambat dalam waktu 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak tanggal kekosongan, anggota Pengurus dan anggota Pengawas wajib mengadakan rapat gabungan untuk mengangkat Pembina, Pasal 28 ayat (4) UU 16/2001.

Keputusan rapat sah apabila dilakukan sesuai dengan ketentuan mengenai korum kehadiran dan korum keputusan untuk perubahan AD sesuai dengan ketentuan dalam Undang-undang ini dan/atau AD, Pasal 28 ayat (5) UU 16/2001.

Jadi, jika pendiri sebagai Pembina yayasan tersebut meninggal dunia, maka anggota Pengurus dan anggota Pengawas wajib mengadakan rapat gabungan untuk mengangkat Pembina baru, dengan syarat pembina yang diangkat untuk menggantikan pendiri yang sudah meninggal dunia tersebut adalah mereka yang berdasarkan keputusan rapat anggota Pembina dinilai mempunyai dedikasi yang tinggi untuk mencapai maksud dan tujuan Yayasan.

Baca:  Semarak Peringati HUT I.N.I Ke - 111 Dengan Donor Darah

Dikarenakan masa jabatan pengurus dan pengawas expired , sementara pembina tidak ada, maka solusinya satu, yaitu meminta penetapan PN atas pengangkatan Kembali pengurus dan pengawas untuk mengangkat pembina baru berdasarkan rapat gabungan, lalu dibuat akta perubahan AD. Yaitu pertama mengangkat pembina dan kedua mengangkat pengurus.

DN

Komentar