oleh

Pengwil Jatim INI Sukses Laksanakan UKEN 2021

Surabaya, kabarnotariat.id – Jawa Timur (Jatim)menjadi salah satu wilayah yang dipercaya oleh Pengurus Pusat (PP) Ikatan Notaris Indonesia (INI), sebagai pelaksana Ujian Kode Etik Notaris (UKEN) 2021.

UKEN ini merupakan kepercayaan PP INI untuk kedua kalinya, dimasa kepemimpinan Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH (SAH) selaku ketua pengwil Jatim INI. Kali ini pelaksanaan UKEN mengambil tempat di Hotel Four Point Surabaya yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Juni 2021 dengan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Para Penguji dan Peserta UKEN 2021 Jatim

“Sangat terasa berbeda dengan pelaksanaan UKEN sebelumnya di tahun 2019 lalu,” ungkap SAH. UKEN 2019 menurutnya tidak ada rasa was-was dan segala sesuatu persiapan maupun perlengkapannya dapat diprediksi. Namun untuk UKEN 2021 ini, dari waktu ke waktu semuanya menjadi berubah.

Diutarakannya bahwa yang pada awalnya diprediksi untuk kapasitas ruang pelaksanaan UKEN peserta 50% karena masa pandemi covid-19, tiba-tiba apa perubahan peraturan menteri baru menjadi 25%. Dimana akhirnya panitia pelaksanapun dengan sigap harus merubah skenario. Dampaknya ada penambahan kapasitas ruang peserta menjadi 3 ruangan hotel yang harus digunakan dari jumlah peserta 118 peserta yang ter-verifikasi .

Panitia, Penguji dan Pengurus Jatim beserta PP INI

Sementara Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) UKEN 2021 Jatim, Fachria Lapesere, SH, mengatakan bahwa pelaksanaan UKEN kali ini (tahun2021), dirasakannya memang berat akibat peraturan pembatasan penggunaan kapasitas ruang peserta yang dibatasi hingga 25%.

“Sebenarnya Ballroom ini kapasitasnya mencapai 400 orang. Namun dengan pembatasan 25%, maka hanya bisa menampung 70 peserta yang sisanya dialihkan ke dua ruang lainnya masing-masing 24 peserta dengan total peserta yang terverifikasi 118 orang,” terang Fachria.

Ketua Panpel dan ketua Pengwil beserta para Penguji UKEN 2021 Jatim

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, semua pelaksanaan UKEN 2021 ini telah mendapatkan perijinan yang lengkap dan memenuhi prokes yang telah di tentukan. Bahkan 1 hari sebelum pelaksanaan (25 Juni 2021), para peserta melaksanakan test antigen di lokasi dan mendapati 6 peserta yang gugur.

Baca:  Pengwil Jabar Rayakan HUT IPPAT Sekaligus HANTARU Dengan 3 Rangkaian Acara

Dihari pelaksanaan (26/6/2021), 118 peserta di 3 ruang kelas yang disediakan, melaksanakan Ujian tulis dengan batas waktu pelaksanaan selama 2 jam. Yang selanjutnya setelah Ishoma, peserta secara bergantian melaksanakan ujian lisan di ruang berbeda lainnya (di lantai 9)untuk melaksanakan Ujian lisan.

Pengarahan dari PP INI

Sebelum ujian lisan, Para Penguji mendapatkan pengarahan dari PP INI yang ditugaskan dalam pengawasan pelaksanaan UKEN 2021 di Jatim tersebut. Total penguji berjumlah 24 orang, yang terbagi dalam 12 Meja. Dalam 1 meja ada 2 orang penguji untuk materi Kode Etik Notaris dan Undang-Undang Jabatan Notaris (UUJN).

Setelah selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masing-masing penguji, peserta diberi tanda berupa stiker hijau untuk selesainya materi kode Etik Notaris dan Stiker merah untuk selesainya materi UUJN. Selanjutnya peserta menunjukkan tanda pengenal ber-stiker tersebut untuk mendapatkan verifikasi berupa tanda tangan absensi peserta sebagai tanda telah melaksanakan seluruh rangkaian pelaksanaan UKEN 2021.

DN

Komentar