oleh

Digitalisasi Pelayanan Pertanahan, Menteri ATR/Kepala BPN Kunjungi Kantor Pertanahan Jakarta Pusat dan Kantor Pertanahan Jakarta Utara

Kabarnotariat.id – Jakarta – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN) Sofyan A. Djalil melakukan kunjungan kerja ke dua Kantor Pertanahan di DKI Jakarta, yaitu Kantor Pertanahan Jakarta Pusat dan Kantor Pertanahan Jakarta Utara, Selasa (07/09/2021).
Kunjunganya ini dalam rangka memastikan Digitalisasi Pelayanan Pertanahan berjalan baik.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofjan A.Djalil Berfoto Bersama Staff Pelayanan Kantor Pertanahan Jakarta Utara

Dalam keteranganya kepada media, Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil mengatakan Kantor Pertanahan Jakarta Pusat dan Kantor Pertanahan Jakarta Utara berbagai indikator sudah jauh lebih baik. “Untuk Pelayanan Pertanahan di DKI Jakarta khususnya Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, Alhamdulillah kantor BPN saat ini sudah lebih baik,” ujarnya.

Lanjutnya, Menteri ATR/BPN menuturkan nantinya dengan layanan Digitalisasi masyarakat bisa mendaftar melalui online dan masyarakat bisa mengatur waktu kapan mau datang ke kantor pertanahan.

“Kantor BPN sudah lebih baik, pelayanan masyarakat sudah praktis, masyarakat dilayani dengan baik dan antrian sudah berkurang itu baik melalui digitalisasi maupun secara online dan itu terjadi di berbagai kantor,” ungkap Menteri ATR/BPN.

Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil juga mendorong kepada pegawai PPNPN agar mengikuti seleksi CPNS. “Saya dorong pegawai non pegawai negeri agar mengikuti CPNS supaya mereka punya karir masa depan lebih praktis,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Pusat, Shamy Ardian mengatakan kunjungan Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil untuk memastikan bagaimana persiapan kantor Pertanahan Jakarta Utara terhadap kualitas peningkatan data menuju layanan digital Kementerian ATR/BPN.

“Beliau memberikan suport dan arahan terhadap langkah percepatan kuliatas data. Beliau juga menekankan bahwa faktor kualitas yang harus diutamakan dalam persiapan pelayanan elektronik di Kementerian ATR/BPN,” ujarnya.

Terkait layanan Loketku, Kakantah Jakpus mengatakan pihaknya saat ini sudah tahap sosialisasi. Ia menuturkan layanan Loketku masyarakat bisa membuat perjanjian waktu kapan mau datang ke Kantor Pertanahan.

Baca:  Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN di Kab. Kuningan, Komisi II DPR RI Apresiasi PTSL sebagai Terobosan Luar Biasa

“Ini supaya kita meningkatkan jumlah masyarakat yang bermohon secara langsung tidak tanpa secara kuasa”, ungkapnya.

Senada, Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Utara, Farid Hidayat menuturkan kunjungan Menteri ATR/BPN untuk memastikan kesiapan Kantor Pertanahan menuju transformasi digital, kondisi data dan pelayanan.

“Kami terus berupaya ciptakan kondisi kenyamanan bagi pemohon dan itu sudah kami siapkan semuanya”, ujarnya.

Terkait layanan Loketku, Farid menuturkan sudah melakukan sosialisasi melalu sosial media baik melalui Facebook, YouTube, Instagram. “Kami secara detailnya sudah melihat melalui Instagram layanan loketku semua jenis akun medsos sudah kita punya”. Tuturnya.

-Acil Akhiruddin-

Komentar