Menu

Mode Gelap
Ujian PPAT Gelombang Pertama Usai, Ketua Pelaksana : “Kami Akan Replikasi Keberhasilan Pelaksanaan Gelombang Pertama” Lomba Senam Kreasi Nusantara Meriahkan HANTARU 2022 dan Indonesia UMKM Expo Usung Transparansi, Ujian PPAT 2022 Gelombang Pertama Berjalan Tertib dan Lancar Kementerian ATR/BPN Gelar Ujian PPAT, Mencapai Lebih Dari 7.000 Pendaftar 769 Peserta Mengikuti 62K Ride and 10K Run Challenge HANTARU 2022

Agraria · 21 Feb 2022 14:44 WIB ·

Melalui Aplikasi Sentuh Tanahku Layanan Pertanahan Semakin Dekat ke Masyarakat


 Melalui Aplikasi Sentuh Tanahku Layanan Pertanahan Semakin Dekat ke Masyarakat Perbesar

Kabarnotariat.id, Jakarta – Pemerintah terus berupaya memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menjawab tantangan tersebut dengan mengeluarkan terobosan sistem informasi yaitu aplikasi Sentuh Tanahku. Aplikasi ini diluncurkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi layanan pertanahan.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati menyatakan digitalisasi di era 4.0 bukan sekadar kebutuhan, tetapi sebuah keniscayaan. “Dalam berbagai kesempatan, Bapak Presiden mengarahkan untuk mempercepat digitalisasi layanan di kementerian atau pemerintahan. Kita kenal dengan Dilan, Digital Melayani. Dari sisi masyarakat pun, tentunya mereka menginginkan kemudahan dalam layanan pemerintahan, termasuk seputar pertanahan,” ujar Yulia Jaya Nirmawati dalam dialog interaktif program Prime Time News, Metro TV (18/02/2022).

Yulia Jaya Nirmawati menjelaskan, aplikasi Sentuh Tanahku ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang memerlukan informasi pertanahan. Masyarakat dapat melakukan pengecekan berkas dan sertipikat tanah tanpa perlu datang ke kantor pertanahan. Selain itu, masyarakat juga dapat melihat syarat-syarat permohonan dan simulasi biaya layanan sehingga dapat mempersingkat proses pelayanan pertanahan. “Jadi dengan genggaman tangan, melalui _handphone_, masyarakat dapat mengetahui lebih jauh tentang informasi yang mereka butuhkan,” ungkapnya.

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

BPN Kabupaten Badung menyelenggarakan Sosialisasi Pencegahan sengketa, Konflik dan Perkara Pertanahan

20 Maret 2023 - 09:05 WIB

RAKERNAS Kementerian ATR/BPN 2023, Menuju Transformasi Digital Menyeluruh

7 Maret 2023 - 10:28 WIB

ATR/BPN Corporote University Diresmikan, Menteri ATR/Ka BPN : “CorpU Adalah Center of Exellent”

7 Maret 2023 - 01:03 WIB

Percepat Layanan Tata Ruang,Kementerian ATR/BPN Luncurkan CETAR

3 Maret 2023 - 08:57 WIB

GTRA Summit 2023, Bawa Spirit Kepastian Hukum Wilayah Pesisir dan Perairan

2 Maret 2023 - 05:39 WIB

Gelar Konsolidasi Kehumasan, Wamen ATR/Waka BPN: Humas Adalah Pilar Utama Suatu Instansi

1 Maret 2023 - 08:11 WIB

Trending di Agraria