Seminar Nasional INI, Menkumham Ingatkan Dan Tegaskan Kehati-Hatian Notaris Dalam Menjalankan Jabatan

  • Bagikan
Foto Bersama
Menteri Hukum dan HAM, Dirjen AHU dan Ketua Umum Serta Sekretaris Umum PP INI Bersama Menabuh Gendang Sebagai Tanda Dibukanya Seminar Nasional

Menkumham Yasonna Laoly kembali mengingatkan profesionalisme Notaris seiring isu mengenai Notaris merupakan sesuatu yang tiada pernah habis. “Tugas dan tanggung jawab Notaris dalam menjalankan profesinya bersentuhan langsung dengan aktivitas masyarakat hal inilah yang menjadi dasar seorang Notaris harus menambah pengetahuan dan mengikuti perkembangan Peraturan Perundangan karena Peraturan Perundangan terus mengikuti perkembangan zaman.”

Diakhir penyampaian pidatonya, Menkumham mengingatkan dan menegaskan akan kehati-hatian Notaris dalam menjalankan Jabatannya. “Kepada Majelis Pengawas Notaris (MPN) dan Majelis Kehormatan Notaris (MKN) untuk bertindak tegas dan tidak segan menjatuhkan sanksi kepada oknum notaris yang melakukan pelanggaran jabatan dan kode etik sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam Peraturan Perundang-undangan,pengawasan yang efektif dan profesional terhadap Notaris mutlak harus dilakukan,” Tegasnya.

Dalam sesi konferensi pers, yang dihadiri Ketua Umum PP INI Yualita Widyadhari, Sekretaris Umum Tri Firdaus Akbarsyah, Ketua Bidang Diklat PP INI Yurisa Martanti dan Ketua Panitia Pelaksana Dewi Andriani, secara bergantian menyampaikan keterangannya.

Diawali Ketua Umum PP INI Yualita Widyadhari yang menyampaikan, “Alhamdulillah hari ini sementara berlangsung Seminar Nasional sebagai rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) INI yang ke 114 dapat berjalan lancar dan sukses. Kalau kita tidak batasi itu bisa lebih banyak (peserta), tapi karena kita juga tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga kita batasi dengan 1600-an peserta saja. Sebagian besar dari ALB dan Notaris kemudian ada juga dari Mahasiswa dan umum.”

Sesi Materi I

Ketua Bidang Diklat PP INI Yurisa Martanti menyambung keterangannya, “Jadi ini adalah istilahnya kita bayar yang kemarin. Bagaimana saat Covid kemarin kita tidak ada kegiatan yang bersifat off line. Oleh sebab itu, karena kita memperhatikan anggota, maka mulai saat ini ke depan, kita akan kembali mengadakan seminar-seminar secara luring atau offline yang ada poinnya, sehingga kebutuhan teman-teman notaris yang membutuhkan poin bisa tercapai. Meski demikian, tentunya jangan hanya karena poin saja, hal ini kami lakukan juga demi pengetahuan keilmuan khusuanya tentang kenotariatan yang kian hari kian berkembang,

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *